Nikmatnya Makan Lontong Sayur Plus Rendang Daging & Sambal Goreng Kering di Momen Lebaran

April 28, 2022

 

Lontong sayur (sumber gambar: Canva)

Assalamu’alaikum moms...

4 hari menuju Lebaran nih. Gimana, persiapan kue keringnya, udah siapkah? Kira-kira dapat berapa banyak jenis kue kering nih moms? Nah, di saat lebaran, selain mempersiapkan kue kering, hidangan utama juga harus dipersiapkan. Setiap keluarga pasti memiliki hidangan favorit mereka. Hidangan tersebut biasanya sudah turun temurun sehingga menjadi ciri khas dan menjadi menu makanan yang wajib ada saat lebaran.

Makanan dan minuman menjadi pelengkap di momen-momen spesial, setuju ya? Selalu ingin memberikan hidangan yang terbaik di setiap momen agar menjadi memori bagi penikmatnya. Tak terkecuali momen Idul Fitri atau lebaran. Ada beberapa makanan yang wajib ada saat lebaran di keluarga kami. Lontong atau ketupat sayur, rendang daging, kari ayam dan sambal goreng kentang dan tempe adalah makanan yang selalu ada di rumah saat lebaran. Semua menu makanan tersebut kami masak sendiri.

Kalau dulu, saat mamak (panggilan Ibu) masih sehat, mamak adalah kepala masaknya. Kini kami (anak-anak mamak) masing-masing sudah berumah tangga. Tanggung jawab untuk mempersiapkan hidangan lebaran itu sudah berganti di tangan kami. Beruntungnya, kami para anak perempuan sudah mendapatkan ilmu dan resep memasak makanan -makanan tersebut dari mamak. Saatnya mamak hanya duduk manis, sambil mandorin kami bekerja, heheh....

Seperti yang saya katakan tadi, jikalau dulu saat mamak belum sepuh, maka mamak adalah orang yang paling sibuk mempersiapkan semuanya. Mulai dari belanja ke pasar, memilih bahan makanan, kemudian mengeksekusi semua bahan menjadi hidangan yang lezat. Kami bertugas menjadi asisten mamak  yang membantu membersihkan bawang, memotong sayur- sayuran, mengiris cabai dan lain-lain, tergantung instruksi mamak.

Meski kerjaan jadi tambah banyak dan capek, demi menyambut hari yang fitri, kami tetap semangat mengerjakannya. Dengan menggelar tikar di dapur, ramai-ramai kami duduk di bawah untuk bekerjasama menyelesaikan pekerjaan sambil bercerita dan sesekali berantem. Ahh..ada rasa haru mengingat masa-masa itu, kenangan bersama salah satu almarhumah kakak saya yang sudah lama berpulang duluan. Afatihah buat kakakku tersayang.


LONTONG ATAU KETUPAT ?

Lontong daun ( sumber gambar: Canva)

Lontong atau ketupat adalah makanan yang biasa dihidangkan saat Lebaran. Lontong dan ketupat sama aja sih karena sama- terbuat dari beras. Yang membedakannya adalah jika lontong, beras dibungkus dengan daun pisang. Sedangkan ketupat terbuat dari anyaman janur atau daun kelapa muda.

Ketupat (sumber gambar: Canva) 


Jadi lontong atau ketupat itu sama aja ya moms. Itu hanya pilihan saja cara mana yang lebih praktis. Dulu mamak kami seringnya beli ketupat. Sekarang saya lebih memilih nempah lontong dengan tetangga dengan jumlah yang lebih banyak karena anggota keluarga juga semakin nambah banyak bila kumpul keluarga.

 

SAJIAN LONTONG SAYUR ALA KELUARGA KAMI

Lontong atau ketupat umumnya disajikan dengan kuah sayur. Sayurnya terdiri dari jipang, wortel dan kacang panjang.  Ada juga yang membuat sayurnya dengan menggunakan gori atau nangka  muda. Keluarga kami biasanya pakai sayur jipang, kacang panjang dan wortel sih, karena ada beberapa anggota keluarga yang perutnya gak kuat makan sayur gori, hehehe.

Tak lupa tambahkan tauco udang untuk menambah rasa sensasi pedas dan nikmat pada lontong. Tambahkan juga sambal goreng kering tempe dan kentang. Saat lebaran, sambal goreng kering ini gak boleh ke skip nih moms.

Biasanya orang-orang kerap menambahkan opor ayam pada lontong mereka. Nah, kalau keluarga kami malah gak pernah buat opor ayam. Rendang daging menjadi pilihan kami dan wajib ada setiap lebaran. Alhamdulillah setiap tahun ada aja sih rezekinya untuk buat rendang daging. 

Rendang daging (sumber gambar: Canva)


Tambahan rendang daging pada hidangan lontong sayur semakin maknyuss. Tak lupa tambahkan juga kerupuk untuk mempercantik hidangan lontong atau ketupat sayurnya.

Lontong sayur plus sambal goreng kering dan rendang daging siap disantap bersama-sama setelah Sholat Ied dan bersalam-salaman.

Ngomong –ngomong ntar lebaran moms buat hidangan makanan apa nih buat kelurga?

You Might Also Like

0 comments