AYO TUNJUK TANGAN INVESTASI GENERASI MAJU DENGAN AKSI PEMENUHAN AKSES NUTRISI DAN PENDIDIKAN SEJAK DINI

Desember 16, 2021

Ayo Tunjuk Tangan mendukung generasi maju dengan pemenuhan akses nutrisi dan edukasi secara maksimal


Moms, Ayo tunjuk tangan investasi generasi maju dengan aksi pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan sejak dini secara bersama- sama. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung tumbuh kembang anak Indonesia. Karena investasi tidak melulu soal uang. Ada hal lain yang lebih besar yaitu investasi generasi bangsa .

Ibarat pepatah “apa yang ditanam, itulah yang dituai”. Sebagai orang tua saya sadar adalah tugas kita untuk memberikan nutrisi dan pendidikan yang layak bagi anak-anak kita, agar dapat mencetak generasi maju yang tangguh.

Saya setuju dengan pernyataan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) , Jumeri, S.TP., M. Si, bahwa kemajuan SDM Indonesia untuk mencapai visi Generasi  Emas Indonesia 2045 merupakan salah satu prioritas penting pemerintah, agar dapat mewujudkan generasi masa depan yang berkualitas unggul, maju, mandiri, cerdas, dan sehat. Anak-anak Indonesia dipercaya dapat menjadi mesin pembangunan yang luar biasa saat mereka mencapai usia produktif dan akan dapat meraup manfaat maksimal dari bonus demografi untuk mendukung kemajuan masa depan bangsa. Namun, untuk dapat mencapai hal tersebut, Indonesia harus berinvestasi sekarang juga untuk generasi muda, termasuk di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi fondasi untuk dapat mendukung pengembangan potensi mereka secara maksimal. Oleh karena itu, mereka menyambut baik dan mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang ingin ikut berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Merdeka Belajar demi kemajuan generasi mendatang.

Namun tidak semua keluarga beruntung bisa memenuhi kebutuhan anak-anaknya sehingga pemberian nutrisi dan pendidikannya tidak maksimal.

 

TANTANGAN MEMBANGUN GENERASI PENERUS BANGSA YANG SEHAT DAN PRODUKTIF

Banyak tantangan untuk membangun generasi penerus bangsa yang sehat & produktif. Ini adalah catatan penting buat kita semua. Tantangannya adalah :

1. Ketidaksetaraan terhadap komponen hidup sehat

Maksudnya adalah masih banyak masyarakat kita yang gagal paham tentang pengetahuan kesehatan, literasi kesehatan yang belum merata, akses nutrisi yang tidak merata karena latar belakang ekonomi.

 

2. Kurangnya keterlibatan publik terhadap peningkatan kesehatan & nutrisi anak

Di Indonesia kesehatan anak masih dianggap  sebagai masalah pribadi, individual. Padahal sebenarnya  secara sosiologis, kesehatan merupakan masalah bersama. Mindset seperti ini mengakibatkan dunia kesehatan di Indonesia sulit ditingkatkan karena kurangnya keterlibatan publik.


DAMPAK PANDEMI MENGHAMBAT AKSES NUTRISI DAN PENDIDIKAN

Miris sekali melihat fakta bahwa 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses edukasi dan nutrisi yang memadai.      Situasi pandemi seperti sekarang membuat akses nutrisi anak dan pendidikan semakin sulit, seperti :

  • Terbatasnya akses kuota internet dan perangkat digital yang memadai juga menghambat siswa untuk belajar daring. Hanya kurang dari 15% siswa pedesaan yang memiliki komputer untuk belajar. Sementara, untuk pelajar yang tinggal di perkotaan, hanya ada 25% yang mempunyai komputer untuk belajar dari rumah.
  • Para siswa diketahui berbagi ponsel pintar dengan saudara atau orang tua. Mereka juga bergantung pada temannya untuk mengerjakan tugas sekolah.
  • Dari sisi akses nutrisi, pandemi mengakibatkan anak-anak berisiko tinggi mengalami kekurangan gizi yang dapat menghambat kemampuannya untuk tumbuh secara optimal.


Sebagai orang tua yang juga memiliki anak dalam proses tumbuh kembang, hal ini sungguh mengkhawatirkan.

 

Pengamat sosial anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci. mengatakan, “Dalam upaya untuk menciptakan generasi maju harus dimulai dari    pengembangan kualitas hidup seorang anak sejak dini dan didukung oleh lingkungan sosial sekitar secara kolektif dan masif.  Untuk itu, kesadaran masyarakat akan pemenuhan nutrisi dan pendidikan adalah hal yang penting sebagai langkah awal untuk mengembangkan potensi anak. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta juga akan membentuk support system yang positif, dimana sektor swasta dapat memainkan peran pentingnya sesuai dengan kapasitas dan keahlian yang dimiliki guna mendukung kemajuan anak-anak Indonesia. Semoga kedepannya keterlibatan pihak swasta dan publik untuk mendukung kemajuan anak Indonesia dapat terus meningkat.”

 

KOLABORASI GERAKAN SOSIAL AYO TUNJUK TANGAN

Senang sekali pada 9 Desember 2021, saya mengikuti webinar bersama #SGMEksplor yang bertema KOLABORASI GERAKAN SOSIAL AYO TUNJUK TANGAN, Maksimalkan Akses Edukasi dan Nutrisi Generasi Maju. Adapun para narasumber adalah:

  1. Jumeri, S.TP., M. Si , Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek).
  2. Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci , Pengamat sosial anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia.
  3. Astrid Prasetyo , Marketing Manager SGM Eksplor.
  4. Andry P Santoso , General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel.
  5. Siti Messyana Putri, Senior Business Development Manager CAKAP.


Para narasumber dalam webinar Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan


Webinar dibuka dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Ibu Vera Galuh Sugijanto selaku Vice President General Secretary Danone Indonesia. Beliau mengatakan bahwa merupakan kehormatan bagi Danone dan juga para mitra dari Kemendikbudristek , Telkomsel, CAKAP  serta mitra dunia usaha lain yang sudah bersama- sama melangkah untuk bisa mewujudkan #GenerasiMaju Indonesia. Danone percaya bahwa setiap langkah dan kegiatan yang dilakukan harus bisa membawa dampak positif untuk kesehatan manusia maupun kesehatan lingkungan kita. Melalui PT. Sarihusada Generasi Mahardika yang merupakan bagian dari Danone Indonesia khususnya melalui SGM Eksplor menginisiasi gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan di tahun 2021 ini. Danone  ingin mengajak lapisan masyarakat ikut aktif berpartisipasi mendukung pemenuhan akses nutrisi dan edukasi untuk anak-anak Indonesia, bersama- sama menjaga bentuk optimal tumbuh kembangnya generasi penerus untuk menjadi penguat bangsa Indonesia.

 

Selain itu Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo juga memaparkan, “Selama lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor percaya bahwa semua anak berhak untuk maju, sehingga seharusnya tidak boleh ada anak yang tertinggal, termasuk dalam memperoleh akses nutrisi dan pendidikan. Namun faktanya, 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses edukasi dan nutrisi yang memadai. Untuk itu, sejalan dengan visi Pemerintah dalam mempersiapkan dan membangun SDM unggul, SGM Eksplor terus berupaya untuk menghadirkan berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung intervensi yang tepat dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia. Gerakan sosial “#AyoTunjukTangan” merupakan salah satu komitmen dan upaya SGM Eksplor berkolaborasi dengan banyak partner yang memiliki tujuan sama untuk bersama-sama tunjuk tangan, berinisiatif untuk mendukung kemajuan anak Indonesia.”

Andry P Santoso , General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel juga menuturkan bahwa Telkomsel menyediakan konektivitas yang krusial serta memberikan paket online for free agar belajar daring berjalan lancar.

Tak ketinggalan Siti Messyana Putri, Senior Business Development Manager CAKAP, menyatakan bahwa platform belajar online ini juga mendukung gerakan Ayo Tunjuk Tangan dengan memberikan program belajar Bahasa Inggris gratis selama 1 tahun kepada ribuan pelajar di Indonesia.


 

Hasil nyata kolaborasi SGM EKSPLOR dan para mitra beri dukungan untuk anak-anak Indonesia


Melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan di tahun 2021 ini, Alhamdulillah telah berhasil menyalurkan dukungan akses pendidikan dan nutrisi yaitu berupa :

  • Dukungan gawai dan beasiswa pendidikan online bagi 1.500 siswa Sekolah Dasar.

  • Rehabilitasi 10 sekolah dan

  • 75.000 dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun yang tersebar di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia.


Saya sangat mendukung gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini. Saya berharap semua orang tua terutama ibu turut berpartisipasi dalam gerakan ini agar dapat terwujudnya anak Indonesia maju dan dapat terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.


You Might Also Like

27 comments

  1. Wah keren banget nih... Aku udah ikutan juga kak.. semoga ada keberkahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, keren ya SGM dan Para mitra. Kontribusi nya demi kemajuan bangsa.

      Hapus
  2. Keren ya program #AyoTunjukTangan ini, bisa sampai bantu merehabilitasi sekolah juga. Semoga hasilnya bisa membantu anak2 Indonesia agar memiliki masa depan yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..perlu saling support agar terwujud Indonesia maju

      Hapus
  3. aku juga mendukung mbak, bagus2 program SGM ini, apalagi untuk mendukung kesehatan dan pendidikan anak Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener tu mbak. Itu adalah kuncinya ya mbak

      Hapus
  4. Saya ikutan tunjuk tangan juga, deh. Karena ini campaign yang bagus dari SGM. Semoga aja banyak yang melakukan kepedulian seperti ini. Agar generasi Indonesia semakin maju

    BalasHapus
  5. Keren banget aksi ayo tunjuk tangan ini. 41 kota ya mba yg terjangkau. Semoga makin banyak yg terbantu bukan hanya dibidang pendidikan tapi juga dalam nutrisi anak bangsa ya

    BalasHapus
  6. wuah luar biasa sekali pencapaian untuk campaign ayo tunjuk tangan 2021 ini, semoga dapat terus berlanjut di masa yang akan datang dan makin banyak juga yang mendukung campaign ayo tunjuk tangan sgm

    BalasHapus
  7. Pastinya para ibu akan mendukung nih program AYo Tunjuk Tangan karena ini menyangkut pemenuhan nutrisi yang tepat bagi anak-anak

    BalasHapus
  8. Programnya keren ya mbak, ini bahkan udah jauh melampaui target yaa

    BalasHapus
  9. Sudah saatnya kita bekerjasama, saling bahu membahu, membantu mereka yang kurang beruntung sehingga terwujud generasi berkualitas yang dapat memajukan bangsa dan negara kita

    BalasHapus
  10. Sebagai orangtua harus jadi nomor satu nih buat dukung gerakan ayo tunjuk tangan ini, demi masa depan anak generasi maju.n

    BalasHapus
  11. Aku sangat mendukung program SGM Ayo Tunjuk Tangan karena dapat membantu anak2 Indonesia untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik

    BalasHapus
  12. Terasa sekali ketimpangan fasilitas kesehatan dan pendidikan anak Indonesia yang masih ada, antara anak di kota dan di pelosok wilayah Indonesia. Dengan program kolaborasi yang baik dari SGM untuk anak Indonesia, semoga Indonesia bisa bangkit bersama Generasi Emasnya dengan program Ayo Tunjuk Tangan.

    BalasHapus
  13. Program yang sangat bagus nih untuk memberikan kesadaran kita semua untuk lebih memperhatikan asuupan nutrisi anak demi generasi maju

    BalasHapus
  14. Sedihnya pas tahu bahwa teryata emang pandemi mengakibatkan anak-anak rentan mengalami kekurangan gizi ya mba. Banyak ortu juga yang mau tak mau agak terbatas memberikan asupan gizi anak. DUkung kampanye ini

    BalasHapus
  15. Dengan bergandengan tangan demi tumbuh kembang anak, bisa sama-sama saling mendukung agar anak² tidak kekurangan nutrisi dan sehat selalu

    BalasHapus
  16. Salah satu dampak pandemi memang di bidang pendidikan ya mbak. Ada anak yang terpaksa putus sekolah krn ortunya gak kerja. Memang masalah seperti ini pemerintah enggak bisa sendirian ya perlu bersinergi dengan swasta dan masyarakat juga. Salut banget sama program SGM ini.

    BalasHapus
  17. sedih ya mba melihat dampak pandemi hingga kurangnya edukasi maupun nutrisi buat anak, senang sekali rasanya ada gerakan tunjuk tangan dari SGM ini semoga makin banyak yang support dan aware untuk nutrisi bangsa

    BalasHapus
  18. Program yg bagus ya mbak
    memang klo mau anak Indonesia tumbuh menjadi generasi maju, ya harus didukung oleh pemberian edukasi dan nutrisi terbaik ya mbak

    BalasHapus
  19. Utk generasi maju Indonesia, program ini sangat bagus. Anak Indonesia tumbuh menjadi generasi maju Indonesia dgn memberikan pendidikan dan nutrisi yang terbaik.

    BalasHapus
  20. Wow keren banget programnya komplit. Kalau aku liat di infografisnya tinggal Papua ya yang belum. Semoga pendidikan kita makin mudah dan merata serta banyak juga yang berperan kasih bantuan.

    BalasHapus
  21. alhamdulillah banyak banget yang terbantu dari program ini ya, mbak. semoga SGM selalu mengadakan program seperti ini untuk meningkatkan kualitas anak Indonesia

    BalasHapus
  22. saya juga sudah ikut gerakan #AyoTunjukTangan ini lho sejak di launching Agustus lalu dan begitu terharu ketika kemarin tahu bahwa campaign ini sukses bahkan hanya dalam waktu kurleb 3 bulan saja, malah lebih dari target awal pula.
    semoga kebutuhan nutrisi dan pendidikan Anak Indonesia bisa terpenuhi secara merata.

    BalasHapus
  23. Keren banget ya program Tunjuk Tangan ini. Peduli pada akses gisi, kesehatan, dan pendidikan anak Indonesia. Semoga makin banyaaaak yang ikutan. Supaya kualitas anak Indonesia semakin baik. Dan semoga program seperti ini bisa menstimulasi korporat lain untuk bisa melakukan hal sejenis. Demi kemajuan bangsa.

    BalasHapus
  24. Gizi dan pendidikan, memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pendidikan akan optimal jika nutrisi terpenuhi dengan baik. Salut dengan program dari SGM yang fokus pada pemerataan pemenuhan nutrisi dan pendidikan melalui gerakan ayo tunjuk tangan. Semoga diikuti yang lain

    BalasHapus