OLAHAN SIMPEL RISOL DAN PUDING LUMUT SEBAGAI TAKJIL FAVORIT KELUARGA

April 08, 2022


Marhaban Ya Ramadan !

Hai moms. Alhamdulillah ya tahun ini masih diberi kesempatan oleh yang Maha Kuasa untuk menjalankan ibadah puasa. 

Biasanya di bulan puasa, selera makan sedikit berkurang  ya moms. Namun udah jadi tugasnya para emak untuk bisa berkreasi mengolah makanan agar anggota keluarga tetap bisa lahap makan dan mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Nah, biasanya mom masak apa nih buat keluarga tercinta?

Pada bulan Ramadan banyak penjual makanan bermunculan. Biasanya mereka menjual makanan mulai sore hari. Beraneka ragam makanan dijajakan di pinggir jalan seperti kue basah, gorengan, aneka bubur, aneka kolak, olahan mie, aneka es, dan banyak lagi. Makanannya tampak menarik dan lumayan menggugah selera. Maka tak heran bila suasana di sore hari terasa ramai dengan lalu lalang orang- orang yang mencari takjil untuk berbuka puasa. Suasana menuju berbuka seperti inilah yang bikin bulan puasa  berbeda dari bulan-bulan lainnya, setuju ya moms?

 

MEMPERSIAPKAN TAKJIL UNTUK BERBUKA

Ngomongin soal takjil atau makanan untuk berbuka, moms biasanya suka beli atau buat sendiri nih? Kalau saya pribadi biasanya suka beli sih. Selain lebih praktis, juga agar nggak repot karena tahun lalu si kecil masih bayi dan aktif menyusui.

Tahun ini meski masih menyusui, namun si kecil sudah bisa diajak berdamai sehingga saya punya waktu luang untuk memasak. Sekarang saya lebih memilih mengolah makanan sendiri untuk berbuka ketimbang beli.

Tau sendiri ya moms kalau harga minyak goreng naik 2 kali lipat sehingga harga makanan di luar jadi lebih mahal. Hal ini menjadi salah satu alasan saya untuk mengolah makanan sendiri biar lebih hemat dan higienis tentunya.

Selalu menarik ngomongin makanan ya, hehe. Nah, kemarin ceritanya saya buat makanan untuk berbuka puasa dengan menggunakan bahan seadanya yang ada di dapur. Awalnya sempat bingung sih mau bikin apa. Akhirnya ke dapur buat ngecek bahan. Pas lagi buka kulkas, terlihat ada wortel, kentang dan telur. Trus saya juga ingat kalau masih ada sisa tepung roti di lemari. Hmm.. muncul deh ide di kepala. Tanpa pikir panjang semua bahan langsung saya eksekusi dan voila.. jadilah risol sayur yang merupakan salah satu makanan favorit di keluarga kami.  Resep risol ala saya nih moms ⏬⏬

 

Risol salah satu makanan favorit keluarga untuk berbuka puasa

Cara buat: tumis bumbu yang sudah digiling/dihaluskan dengan sedikit minyak. Setelah harum masukkan sayuran.  Berikan air sedikit, kemudian biarkan mengering hingga sayur terasa lembut/matang.

Selain risol saya juga buat puding lumut. Tadinya ibu saya request minta dibikinin agar-agar biar ada yang dingin-dingin di perut gitu. Cuma saya pikir bikin agar-agar apa ya biar menarik dan juga enak rasanya. Buka kulkas lagi, eh.. ada santan instan tuh. Di halaman depan rumah juga ada tanaman daun pandan. Ya udah, akhirnya muncullah ide buat puding lumut. Saya hanya tinggal beli agar-agarnya aja. Sedangkan bahan yang lain udah ada di rumah. Lumayan banget deh bisa menghemat, hehehe.

Jujur ini adalah kali pertama saya buat puding lumut. Intip di google cara buatnya dan ternyata segampang itu deh buatnya. Begini cara buatnya ya moms ⏬

Makanan ringan & enak di perut


Bahan:

1 bungkus agar-agar plain

2 bungkus santan instan (1 Bks :65 gr)

1 butir telur

100 gr gula pasir

100 ml air jus pandan ( saya blender 10 lbr daun pandan dengan air)

500 ml air putih.

Vanili secukupnya (saya skip, karena habis)

Cara buat: Masukkan semua bahan ke dalam panci, aduk rata. Kemudian jerang di atas kompor dengan api kecil/sedang. Aduk-aduk terus hingga mendidih. Setelah masak, tuang ke dalam wadah. Biarkan sebentar agar uap panasnya hilang. Setelah itu dinginkan di dalam kulkas. Jadi saat berbuka tiba, pudingnya udah dingin.

Waktu berbuka puasa pun tiba. Alhamdulillah risol dan puding lumutnya laris manis. Semua anggota keluarga bilang rasanya enak dan lembut. Wah happy banget rasanya liat mereka lahap.

Nah, moms itu adalah olahan makanan berbuka puasa favorit keluarga saya dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Cukup gampangkan. Semoga menginspirasi ya mom. 

You Might Also Like

22 comments

  1. Puding lumutnya menggodaaa.. Aku mau coba bikin puding lumut juga nih semoga berhasil hehe

    BalasHapus
  2. Cuss bikin. Gampang kok buatnya

    BalasHapus
  3. mau coba yang puding lumut, nampaknya gampang ya bikinnya dan adem ini kayaknya buat buka puasa

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah bikin puding lumut dan risoles, Mbak. Biasanya aku beli risoles frozen jadi tinggal goreng aja. Kalau puding lumut aku sering dibikinin adek sepupuku.

    BalasHapus
  5. Hmmm ... langsung kebayang aroma daun pandan .... cuma di sini saya gak tahu nyari di mana daun pandan ya ... di pasar kayaknya gak ada yang jual.

    BalasHapus
  6. Zamannya masih SMA suka bantuian Uwa bikin risoles emang enak bener kue yang satu ini yah, apalagi puding lumut aku belum pernah bikin di rumah biasanya agar2 aja biasa

    BalasHapus
  7. jadi penasaran nih pengen buat puding lumut sendiri juga nih, kebetulan anak-anak juga suka puding, emaknya apalagi doong :D

    BalasHapus
  8. Mau coba nih puding lumutnya. Enak segar ya pas berbuka dengan puding lumut yang legit ini. Anak juga kalau bahan dasar agar agar doyan pisan

    BalasHapus
  9. Risol dan puding dua menu takjil favorit yg paling ditunggu2 saat berbuka puasa nih

    BalasHapus
  10. Aku suka banget risol tapi anakku dan suami kurang suka hehe jadi agak sayang kalo masak sendiri, prefer beli. Kalo puding lumut aku baru denger

    BalasHapus
  11. Dari judulnya sudah penasaran dengan puding lumutnya nih.. Ternyata cara buatnya segampang itu ya.. Eh, kalau tidak ada daun pandan gmn ya.. Boleh pakai pewarna hijau gak ya..wkwkk..

    BalasHapus
  12. risol kesukaanku banget,tiap berburu takjil risol jadi cemilan yang cepet abis, kayaknya harus belajar buat sendiri nih biar gak keabisan

    BalasHapus
  13. Anakku doyan banget nih makan puding. Tiap kali bikin puding hampir selalu langsung habis dalam hitungan jam. Kpn2 nyobain bikin puding lumut juga ah...

    BalasHapus
  14. Kalau disuruh pilih dua menu di atas, saya pilihnya risoles nih. Tapi saya sukanya risoles mozzarella. Hihihi. Doyan banget euy, apalagi pas dimakan tuh.. kejunya lumer pas lagi panas-panasnya.

    BalasHapus
  15. dua-duanya suka nih, mbak. Suka banget sama puding lumut. Risol juga, tapi klo risol biasanya beli.

    BalasHapus
  16. Aku pernah buat puding lumut,gagal kurang cantik.karena hijaunya pake pewarna.Rahasianya ternyata di pandan yang di juice ya.Jadi warnanya hidup
    Salam:Dennise Sihombing

    BalasHapus
  17. Aku pengen makan puding lumut tapi belum kesampaian mba. Apalagi suka juga ama warnanya juga cakep banget. Makasih resepnya ya mba

    BalasHapus
  18. Risol sayur ud jadi menu wajib kalo dirumahku nih ka, btw mksh banget share menu nya jd bs nih disimpen buat nyoba bkin sndiri

    BalasHapus
  19. Kedua resep ini memang jadi favorit saat bulan Ramadan, yang satu gurih dan lezat, pudingnya bisa jd dessert

    BalasHapus
  20. Kedua resepnya pas buat hidangan berbuka puasa nih aku mau coba bikin puding lumutnya ah

    BalasHapus
  21. Cara buat puding lumutnya gak susah nih, bisa dicoba juga resepnya. Soalnya hidangan puding memang bikin seger buat buka puasa

    BalasHapus
  22. Paling favorit risol sih. Itu ga akan pernah bosen dimakan kapanpun 😄, mau isian sayur atau ragout, tetep suka.

    Kalo puding yg manis, anak2 dan suami yg lebih suka. Tapi memang lebih cocok buat makanan buka puasa , manis segar 😘. Udah lama ih ga makan puding lumut. Ini dulu juga sering dibikin Ama mama

    BalasHapus