Sharing With Komang Ayu Trysnawaty : “ Rahasia Temukan Potensi Diri Untuk Berkreasi di Masa Sulit “

April 01, 2022

Manusia terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tak ada manusia yang sama persis baik itu secara fisik, karakter,pemikiran, perasaan dan persepsi atau cara pandang. Bahkan anak kembar sajapun belum tentu memiliki hal yang sama persis satu sama lainnya.

Seperti contoh dalam menilai suatu informasi atau sesuatu yang tampak, respon setiap individu pasti beda- beda. Sistem responsif dalam menerima informasi juga mempengaruhi proses pemaknaan terhadap suatu hal, suatu kondisi dan juga terhadap seseorang.

Perspektif sangat berpengaruh dalam kehidupan. Perspektif mempengaruhi skema pemikiran seperti prilaku, emosi.  Oleh sebab itu, ketika kita dihadapkan pada hal yang tidak sesuai keinginan, maka cara meresponnya adalah akui dulu bahwa setiap orang punya cara pandang masing-masing. Setelah itu coba sadari bahwa kita tidak bisa memaksakan kehendak pada orang lain karena bisa menimbulkan konflik.

 

Keluar dari Masa Sulit dengan Potensi Diri

Masih berhubungan dengan zoominar sebelumnya bersama mbak Komang Ayu Trysnawaty, Counselor, Life & Wellnes Coach senang sekali pada tanggal 27 Maret 2022 lalu kelas kembali diadakan dengan mengangkat tema   Rahasia Temukan Potensi Diri Untuk Berkreasi di Masa Sulit “.

Hmm..membayangkan di masa sulit aja rasanya udah gak nyaman. Apalagi sampai bisa berkreasi, pasti bukanlah hal yang gampang. Iya sih, kalau gak tau trik dan tipsnya emang berat. Beruntungnya di kelas zoom online kemarin, Coach Ayu membagikan ilmunya tentang hal ini. Pasti penasarankan?

 

Apa itu Masa Sulit?

Menurut kalian masa sulit itu seperti apasih? Pasti jawabannya beragam. Nah, dari situ terlihat jelas ya bahwa cara pandang atau perspektif setiap orang berbeda. Hal ini juga yang terjadi pada jawaban kami saat kelas zoom online kemarin ketika Coach Ayu melontarkan pertanyaan yang sama.

Menurut Coach Ayu, Masa sulit merupakan suatu kondisi yang tidak sesuai dengan keinginan, yang dianggap menciptakan perubahan tertentu. Namun , bagaimana jika masa sulit itu hanyalah situasi dan kondisi aja dari pikiran dan perspektif kita. Padahal bisa ajakan yang dianggap situasi sulit itu merupakan kesempatan kita untuk mendapatkan hal yang lebih baik lagi. Jadi jika berada di kondisi dan situasi yang tidak sesuai keinginan lebih baik gali potensi diri, gak perlu dibesar-besarkan apalagi sampai menjadi alasan.

 

Apa itu Potensi?

Tuhan maha adil ya. Meski manusia gak ada yang sempurna, namun kita memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di balik kekurangan/kelemahan biasanya ada kekuatan yang terpendam yang dinamai dengan potensi. Nah, ini nih yang menjadi PeEr setiap individu untuk mengenal dirinya lebih dalam dan mengembangkannya menjadi suatu karya atau prestasi.

 

Apa itu Kreasi?

Ternyata menurut Coach Ayu, kehidupan yang kita jalani sekarang merupakan hasil kreasi kita sendiri loh.Wow.. saya seakan tersadar bahwa benar juga pernyataan ini, hanya saja selama ini kurang meyadarinya. Malah membiarkan diri bertele-tele di masa sulit. Huhu...rugi bangetkan!!

Kreasi merupakan hasil daya cipta, buah pemikiran dan hasil kecerdasan seseorang dalam pengembangan diri, sekitar juga kondisi. So, kita perlu mengupgrade diri agar lebih maju dan berkembang.

 

Cara Menghandle Diri Saat Dihadapkan Dengan KondisiYang Penuh Tantangan

1.Tenang

Ada beberapa teknik untuk menenangkan diri yaitu dengan minum air putih dan teknik pernafasan 4 7 8. Teknik pernafasan ini maksudnya 4 detik tarik nafas lewat hidung, 7 detik tahan di perut dan 8 detik buang nafas perlahan.

2.Netralkan Diri

Menetralkan diri dapat dilakukan dengan cara Barriers Down atau menurunkan semua ego.Kemudian kelola pikiran.Nah, biasanya suka muncul pikiran-pikiran “ ah..kamu gakkan bisa”, “ kamu bakalan gagal”, dan lain sebagainya. Pikiran seperti ini disebut grimlynn. Grimlynn merupakan kemampuan saraf otak yang ternyata bisa menyabotase kita dalam proses menjalani kehidupan. Ketika muncul pikiran seperti ini ada baiknya langsung tepis pikiran itu seraya berkata tegas pada diri sendiri “No”, “ Aku pasti bisa” atau “ Menarik nih”.

Mengalihkan perhatian ada caranya yaitu dengan teknik silang. Teknik silang dapat dilakukan dengan duduk maupun berdiri.

3.Sadari

Sadari dapat dilakukan dengan hadir secara utuh. Kemudian bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan " Apa ini “. Jangan bertanya dengan kata “ kenapa” karena nanti malah muncul alasan. Untuk sadari juga ada tekniknya loh. Coach Ayu mengajarkan teknik dempet jari. Teknk ini dilakukan setelah teknik silang tadi ya.

Oh ya, sebagai informasi selain Life & Wellnes Coach, ternyata mbak Ayu ini adalah Counselor, Professional Coach, Leadership Coach, Energy Balancing for Joyfull Life. Jadi next, pantengin terus deh kelas online Coach Ayu. Banyak ilmu yang didapat.

Tuh seru bangetkan sharing dengan Coach Ayu. Kelas onlinenya berlangsung hampir 3 jam loh. Kelas online ini seakan memberikan saya insight agar gak mudah menyerah saat di masa sulit. Justru sebaliknya yaitu gali potensi agar kelemahan yang ada menjadi sesuatu yang lebih besar menjadi suatu prestasi.

 

 

You Might Also Like

0 comments