KUE NASTAR, KUE IDOLA SAAT LEBARAN

April 21, 2022



Aneka kudapan kue kering

Hai moms..

Assalamu’alaikum...

Gak terasa bulan Ramadan sudah memasuki hari ke 19 ya. Artinya kurang lebih 10 hari, lagi umat Islam akan merayakan hari raya Idul Fitri atau yang sering kita sebut lebaran.

Idul fitri adalah hari yang ditunggu-tunggu  oleh segenap umat Islam setelah sebulan berpuasa. Idul fitri merupakan hari kemenangan, dimana semua keluarga yang merayakannya merasakan suka cita. Saling bersilaturahmi, kumpul-kumpul dengan sanak saudara, tetangga maupun ke teman-teman.

Biasanya segala macam persiapan menyambut Idul Fitri sudah mulai dicicil dari sekarang, seperti membeli baju baru, sepatu,potong rambut ke salon, bersihin rumah, membuat kue lebaran dan lain sebagainya. Apalagi di tanggal-tanggal segini, uang THR (Tunjangan Hari Raya) bagi perkerja perusahaan sudah meluncur ke tuannya masing-masing. Maka nya para ibu langsung menyerbu mall-mall atau toko-toko pakaian buat dipakai di hari lebaran. Gak hanya toko-toko pakaian kok, toko bahan- bahan kue juga rame dan ngantri. Ini adalah salah satu bentuk persiapan yang dilakukan untuk membuat cemilan atau makanan di hari raya seperti kue kering.

 

KUE KERING FAVORIT & WAJIB ADA SAAT LEBARAN

Moment bersilaturahmi gak lengkap rasanya tanpa ada suguhan. Suguhan pada lebaran biasanya berupa minuman dan beraneka jenis kue kering.

Nah, ngomongin soal kue lebaran, moms biasanya buat sendiri atau beli nih? Kalau saya sih seringnya tempah ke orang lain. Jujur, sejak menikah, saya baru 2 kali membuat kue kering sendiri di rumah. Kue yang pertama kali saya buat sendiri adalah kastengel. Mengapa kastengel? Alasannya saya nemu resep kue kastengel ini yang dimasak tanpa oven. Karena penasaran dan juga saat itu saya belum punya oven, makanya saya cobain deh  moms. Alhasil kuenya berhasil dibuat. Sayangnya kue ini bukanlah favorit saya. Jadi kue kering ini gak wajib ada sih saat lebaran.

Kue kastengel ( sumber gambar : Canva)

Yang kedua, kue kering yang pernah saya buat yaitu nastar. Nastar merupakan kue kering terfavorit di keluarga kami dan wajib ada saat lebaran. Rasanya yang nikmat dengan sensasi selai nenas di dalamnya membuat makannya gak cukup satu.  Nambah –nambah terus sampai akhirnya ketagihan.

Saya belajar buat kuenya dengan mencari resep dengan searching melalui internet.

Begini resepnya moms⏬⏬ (sumber; Liputan6.com ) :

Bahan-bahan:

- 250 gram tepung terigu protein sedang

- 200 gram margarin

- 50 gram tepung maizena

- 45 gram gula halus

- 27 gram susu bubuk fullcream

- 1 butir kuning telur

- Vanili bubuk

- Garam

 

Cara membuat nastar :

1. Masukkan margarin dan gula halus ke dalam wadah besar

2. Mixer dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata

3. Masukkan kuning telur ke dalam wadah tersebut

4. Mixer lagi hingga telur tercampur dengan mentega

5. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, vanili bubuk serta garam

6. Mixer dengan kecepatan kecil hingga adonan tercampur rata. Matikan mixer

7. Aduk dan potong adonan menjadi beberapa bagian

8. Pipihkan adonan dan tambahkan selai nanas ke dalamnya

9. Bulatkan adonan hingga seperti bola kecil

10. Lakukan hal serupa hingga adonan habis

11. Pada saat mencetak adonan, tangan harus bersih atau menggunakan sarung tangan plastik ya

12. Siapkan loyang dengan mengoles tipis permukaannya dengan mentega

13. Letakkan dan tata rapi adonan nastar ke atas loyang

14. Kocok kuning telur, mentega dan sedikit air pada mangkok kecil

15. Oleskan campuran tersebut pada atas adonan

16. Panaskan oven hingga mencapai suhu 150 celcius

17. Masukkan adonan ke dalam oven

18. Tunggu sekitar 20-30 menit hingga matang.


Nastar dengan isian selai nenas ( sumber gambar : Canva)

Gak hanya kami sebagai tuan rumah yang mengidolakan kue nastar. Ternyata kue kering yang satu ini adalah kue yang paling dicari oleh para tamu. Dan faktanya kue kering ini juga kue yang paling cepat ludes duluan hingga toples kosong, hehehhe. Duh.. membayangkannya aja udah buat saya ngiler nih moms.

 

ASAL-USUL KUE NASTAR

Nastar merupakan kue kering perpaduan adonan, tepung terigu, telur, mentega dan bahan lainnya. Gak afdol rasanya lebaran tanpa kue nastar. Teksturnya yang lembab dan lembut, membuat kue ini menjadi rebutan. Bahkan anak saya yang balita juga suka loh.

Ngomongin kue nastar, saya jadi penasaran asal-usul kue nastar. Moms, ternyata nama nastar berasal dari Bahasa Belanda, yaitu “ ananas” yang berarti nenas  dan “taartjes” yang artinya tart. Artinya kue nastar sendiri telah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Wah ternyata kue nastar ini udah legend banget ya moms.

Selain itu kue nastar juga memiliki filosofi loh moms. Menurut teman-teman kita yang beretnis Tionghoa, kue nastar disebut sebagai ong lai yang berarti pir emas. Nah pir emas ini dipercaya sebagai lambang kemakmuran, pembawa rezeki dan keberuntungan.

Walaupun kue nastar adalah kue yang wajib ada saat lebaran, bukan berarti saya tidak menyajikan kue lainnya ya. Kudapan lainnya juga turut meramaikan meja hidangan saat lebaran seperti kue bawang, keripik pisang, kue kacang, kue bangkit, dan lain-lain.

Oke moms itu adalah sepenggal cerita saya tentang kue kering saat lebaran. Kalau kalian gimana moms ? Kue kering apa aja nih yang ada saat lebaran?

 

 

 

 

 


You Might Also Like

8 comments

  1. Rindunya makan kue nastar buatan mamakku 😍

    BalasHapus
  2. memang kue nastar tuh salah satu yang paling diburu kalau lebaran ya mba.. di rumahku saingannya kue keju or kaastengel hehehe. Ayoo kita buat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di rumah saingan nastar kue kacang dan keripik pisang Mak, hehehe

      Hapus
  3. nastar itu kayak keharusan ya

    BalasHapus
  4. Iya Mbak wajib, gak bisa dinego,hehehe. Udah buat kue nastar mbak?

    BalasHapus
  5. Aku selalunya beli mba, Krn memang ga suka yg namanya baking2an 🀣, apalagi cookies. Pernah sekali ya bikin, putri salju, hasilnya menyedihkan lah pokoknya. Ngebuang2 wysman mahal aja 🀣.

    Makanya tiap tahun selalu beli Ama langganan. Biar dijamin enak rasanya πŸ˜„.

    Favorit kami sekeluarga itu, sayangnya ga ada yg sama. Aku fav nya kastangel, si papi lidah kucing, si kakaputri salju, si adek nastar.

    Jadi setidaknya tiap lebaran, aku wajib beli 4 macam kue itu 🀣. Sisi positifnya, masing2 orang makan dengan tenang tanpa terganggu hahahahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak kapok gitu bikin lagi ya mbak karena pernah gagal🀣🀣🀣. Di pikir-pikir emang sayang banget sama bahan yang udah kebuang.

      Hapus