Tips Mudik Lebaran Bareng Si Kecil

Oktober 07, 2018


Hai moms..gimana weekend nya? Alhamdulillah weekend ini kota saya diguyur hujan, sambil menikmati desiran hujan turun saya pengin nulis momen lebaran tahun ini bersama si kecil. Lebaran tahun ini saya dan keluarga lebih banyak melakukan perjalanan mengunjungi keluarga untuk bersilaturahmi. Lumayan moms perjalanan menggunakan  kendaraan pribadi dengan jarak tempuh yang berjam-jam lamanya. Yang namanya berkunjung ke keluarga meskipun bukan mudik tetap saja harus well prepare ya moms, apalagi perjalanan antar kota ini si kecil turut serta.

Nah, si kecil saya Dhavy syukurnya nggak termasuk anak yang rewel selama di perjalanan, malah sangat menikmati perjalanan, memang anaknya suka jalan-jalan kayak emaknya hehe. Tapi biar bagaimanapun saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya agar perjalanan tambah asik dan kebutuhan si kecil Dhavy tetap terpenuhi.


Bawa Perlengkapan Anak

Moms..jalan-jalan itu menyenangkan ya. Tapi yang namanya emak-emak tetap aja harus rempong dengan segala perlengkapan yang di butuhkan selama perjalanan. Apalagi kalau ada si kecil. Hmmm...jangan coba coba dech melenggang kangkung sok nyantai tanpa membawa perlengkapan. Bisa-bisa liburannya berantakan ya hehe. Perlengkapan seperti tissue basah, sikat gigi, odol, handuk kecil, dsb, pakaian buat ganti dan terutama pakaian yang longgar buat si kecil tidur jangan sampai ketinggalan karena meski dalam perjalanan sebisa mungkin si kecil tetap bersih biar nggak gerah dan si kecil tetap nyaman.



Bawa Mainan Anak

Mainan anak? Nah..ini juga penting moms buat saya karena Dhavy saya bisa rewel kalau Ultraman nya terlepas dari tangan. Artinya robot ULTRAMAN nya itu selalu di bawa-bawa kemanapun pergi. Hehehe..uda kayak soulmate. Selain itu mainan seperti lego, puzzle, dan buku cerita bergambar pun nggak ketinggalan biar si kecil nggak jenuh.

ultraman kesayangan nggak pernah ketinggalan 

Bawa Makanan dan Camilan 

Jalan jalan sih jalan jalan moms...tapi jangan sampai kelaparan ya. Persiapan membawa makanan buat si kecil sangat penting buat saya. Selain bisa berhemat, tentunya makanan yang kita buat sendiri lebih terjamin kebersihannya. Kebetulan anak saya Dhavy masih milih-milih makannya atau picky eater. Jadi paling aman tuh kalau sudah saya siapkan makanan dari rumah. Dhavy belum mau makan pedas, makanan yang ada kecapnya, dan makanan yang dari mie. Coba bayangkan kalau kami membawanya ke rumah makan padang atau ke warung bakso tanpa membawa bekalnya? Dia hanya berlarian kesana kemari (dan mamanya pun tidak bisa makan dengan tenang).



Cemilan atau buah juga penting untuk mengganjal perut selama di atas kendaraan. Biasanya saya membawa roti biskuit kesukaannya dan buah apel atau pir yang sudah saya cuci bersih dan potong2 kecil agar mudah dimakan.


Bawa Bantal dan Alas Tidur

Bantal dan alas tidur juga jangan sampai ketinggalan, biar si kecil nyaman tiduran di dalam mobil selama perjalanan. Kasihan kalau tiduran kepalanya nggak diganjal bantal bisa pegal. Kita saja yang dewasa nggak nyaman apalagi anak-anak ya kan moms.

bantal kesayangan Dhavy

Lengkapi P3K

Minyak angin, minyak karo, bedak itu adalah perlengkapan minimal yang tidak pernah ketinggalan di tas saya. Seperti yang di ketahui ya moms minyak angin berfungsi menghangatkan badan si kecil agar tidak kembung. Minyak karo juga sama fungsinya. Hanya saja kelebihan minyak karo selain untuk menghangatkan juga bisa untuk pegal linu, encok, terkilir, patah tulang, memar, luka tersayat, luka bakar, digigit serangga, gatal-gatal pada kulit ,dll.

beberapa perlengkapan P3K yang wajib dibawa

Seperti pengalaman saya ketika Dhavy berumur 2 tahun, saat itu kami berkunjung ke rumah sanak saudara. Saat itu Dhavy dengan tidak sengaja menarik taplak meja yang di atasnya tersaji beberapa gelas kopi panas dan kemudian tumpah ke pahanya. Dhavy langsung menangis menjerit dan dengan cepat kami membuka celananya, kemudian mengelap pahanya dengan kain bersih. Setelah itu saya oleskan minyak karo. Alhamdulillah Dhavy baik-baik saja tanpa mengalami luka bakar tersiram air panas.


Nah..itu moms sedikit tips dari saya. Semoga perjalan kita dan si kecil menyenangkan ya.




You Might Also Like

1 komentar

Pengikut

Total Tayangan Halaman