Tips Menjaga Kesehatan Gigi si Kecil

Oktober 07, 2018



Apa pentingnya kesehatan gigi ? Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang vital. Dalm fase kehidupan, gigi mengalami satu kali pergantian. Ketika kita kecil, gigi yang pertama kali tumbuh adalah gigi susu. Biasanya gigi susu bertahan selama kurang lebih 7 atau 8 tahun (tergantung perawatan ya moms). Nah, setelah gigi susu tanggal maka tumbuhlah gigi permanen. Ketika gigi sudah permanen, kita tidak boleh lagi lengah dalam merawat gigi. Pasti semua setuju kan moms?

Meskipun letak gigi di dalam rongga mulut, gigi juga rentan dalam penggunaannya. Bayangkan saja, setiap hari kita menggunakannya untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang beragam dan bervariasi rasanya. Jika tidak rajin membersihkan mulut dan gigi maka yang sangat di khawatirkan adalah munculnya bakteri-bakteri jahat yang kemudian bisa menimbulkan penyakit. Jika sudah sakit gigi, ampun deh rasanya. Hayoo..siapa nih moms yang pernah ngerasain sakit gigi?

Selain anggota tubuh yang vital, gigi juga mahkota kecantikan loh. Oleh sebab itu kesehatan gigi dan kecantikan juga punya keterkaitan. Apalagi zaman now..gigi juga punya aksesoris loh. Berbicara soal kecantikan, ada benarnya juga ya moms. Coba kita bayangkan kalau kita tersenyum ataupun tertawa tapi giginya ompong? Haha pasti mengurangi kecantikan. Selain itu pastinya kita jadi gampang lapar karena sakit gigi kan jadi susah makan apalagi kalau gigi ompong susah mengunyah makanan. Sementara kita butuh mengunyah makanan setiap harinya. Oleh sebab itu sejak dini kesehatan gigi itu sangat diperhatikan.

Nggak mau kan kalau anak kita juga merasakan sakit gigi? Nah, karena saya seorang ibu dan sudah mempunyai anak yang masih kecil, saya pun menerapkan kepada anak dalam perawatan gigi. Dimulai dari hal yang sederhana saja moms.

Menyikat gigi dua kali sehari.
Saya ajarkan juga kepada anak kalau jangan sering-sering dan jangan terlalu kuat sikat giginya karena bisa merusak email gigi

Banyak minum air putih sehabis makan. 
Biasanya sehabis makan anak saya Dhavy saya biasakan untuk banyak minum air putih dan kumur-kumur agar sisa makanan yang menepel pada gigi lepas.

Membatasi makanan dan minuman manis.
Makanan dan minuman yang terlalu manis sudah pasti banyak kandungan gulanya. Dan ini yang dikhawatirkan bisa merusa gigi, makanya saya membatasi Dhavy konsumsi makanan dan minuman manis.

Sikat gigi sebelum tidur.
Nah ini penting sekali  moms, saya selalu membiasakan Dhavy untuk sikat gigi sebelum tidur dan berharap kebiasaan ini terus dilakukan sampai Dhavy besar nanti. Karena saya khawatir sisa makanan yang menempel dan dibawa tidur akan membusuk dan menjadikan gigi Dhavy rusak, duh jangan sampai deh gigi Dhavy berlubang.

Menggunakan pasta gigi ber-fluoride.
Sejak usia Dhavy melewati dua tahun, saya sudah membiasakan Dhavy sikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride moms, biar nggak gampang timbul plak yang mengandung bakteri di gigi.


Nah, itu dia moms tips saya menjaga kesehatan gigi si kecil. Bagaimana dengan moms? Sharing yuk moms.





You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Total Tayangan Halaman