SERUNYA BERMAIN SAMBIL BELAJAR MENJELAJAHI RUANG ANGKASA MENCARI PLANET MOCHI DAN SINGA PADDLE POP

Juli 24, 2021

 


Masa kanak-kanak adalah masa yang membahagiakan. Sudah fitrahnya mereka suka bermain, berlarian, nangis, berceloteh, nyerakin barang, suka nonton kartun, mendengar dongeng, dan lain-lain. So, jangan suka sebel sama anak ya moms, karena kita juga pernah jadi anak-anak kok. Biarkan anak memiliki kebahagiaannya sendiri karena masa itu tidak akan terulang dan akan menjadi kenangan seumur hidup.

Ngomongin soal film kartun, siapa sih yang gak tau dengan film ini? Yup, film kartun merupakan film animasi yang identik dengan tokoh-tokoh yang lucu atau unik yang ditampilkan melalui visualisasi gambar dan warna yang menarik. Oleh sebab itu film kartun sangat digemari oleh anak-anak. 

Sumber gambar: Canva

Gak hanya anak-anak, orang dewasa juga ada kok yang masih suka nonton film kartun. Mungkin karena ceritanya ringan, lucu dan gak membangkitkan emosi seperti kebanyakan sinetron ya mom, hehehe..


Tontonan menimbulkan imajinasi

Seringnya anak-anak akan menirukan tokoh kartun yang disukainya karena mereka adalah peniru yang handal. Jadi sebaiknya pastikan anak menonton film yang baik ya mom.

Selain meniru, mereka juga suka berimajinasi menjadi atau berada dalam cerita yang dilihat atau didengar. Terkadang suka lucu sendiri melihat tingkah anak-anak.

Seperti Dhavy anak sulung saya. Saat ini ia duduk di kelas 3 SD. Ada beberapa film kartun yang disukainya. Lekat sekali dalam ingatan saya, pada saat beberapa bulan yang lalu, ia terkesima dengan tokoh gadis kecil berambut biru bernama “True” yang tinggal di luar angkasa. Imajinasi pun bermain di benaknya. Ia berharap bisa berteman dengan ‘True”. Ia berkali-kali meminta saya untuk menelpon dan menjemput “True” ke luar angkasa untuk tinggal bersama kami di bumi. Oh My God, saya langsung tepok jidat. Sebagai orang tua saya mencoba menjelaskan bahwa itu hanya cerita kartun dan tidak nyata. Percakapan kami pun menjadi panjang lebar sehingga rasa ingin tahunya timbul. Dhavy sangat penasaran  dengan luar angkasa dan bertanya ada apa aja di sana. Hmm.. mama jadi gelapan nih jelasinnya.

si sulung semakin penasaran dengan luar angkasa karena film kartun ini (sumber gambar: YouTube)





Imajinasi menciptakan kreativitas

Tak ada yang salah dengan imajinasi. It’s OK jika itu mengarah ke hal yang positif. Malahan itu baik untuk membangkitkan kreativitas anak. Yang penting gak jadi halusinasi ya mom, hehehe.

Dhavy tampaknya senang menuangkan imajinasinya ke dalam gambar baik itu berupa komik, kartu atau hasil karya lainnya yang menurut saya dapat diapresiasi. Awalnya saya sempat bawel karena ada aja kertas-kertas yang digunting olehnya sehingga berserakan di lantai. Namun setelah melihat hasilnya, saya merasa kagum dengan kreativitasnya.

 

Kesempatan ke Planet Mochi

Meski hobi nonton kartun, biasanya minimal seminggu sekali anak-anak diajak liburan atau sekedar jalan-jalan ke luar rumah. Namun sejak masa pandemi Covid 19 , kebiasaan itu sudah hampir gak pernah lagi sehingga menimbulkan rasa bosan yang sangat amat. Huft.. udah kebayangkan mom gimana rasanya? So, apa yang dilakukan oleh mereka ? Sudah pasti protes, ngambek tapi tak berdaya. Terutama abang Dhavy ya karena adiknya juga masih kecil.

Sebagai ibu hal ini tentu saja membuat saya sedih. Kemudian saya mencari ide bagaimana caranya membuat Dhavy senang sebagai pengalihan berlibur ke luar rumah. Nah berkaitan dengan ketertarikannya soal ruang angkasa tadi, maka saya pun coba membacakan buku-buku cerita tentang luar angkasa dan planet-planetnya. Namun, kendalanya adalah saya sempat bingung bagaimana cara menjelaskan setiap pertanyaannya dengan bahasa yang ringan dan gampang dimengerti olehnya.

Good newsnya, pada tanggal 10 Juli 2021 kemarin saya dan Dhavy berkesempatan mengikuti Liburan ke Planet Mochi secara virtual melalui Zoom bareng keluarga Kak Nana Mirdad dan Mungilmu serta partisipan lainnya dengan total kurang lebih 100 orang. Acara berlangsung sekitar 1 jam dimulai dari pukul 10.00 WIB. Bak gayung bersambut, Dhavy sangat senang dan antusias karena berkaitan dengan rasa ingin tahunya.


Saat acara zoom berlangsung


Kebaikan dari Paddle Pop

Jalan-jalan secara virtual ini merupakan program dari Paddle Pop. Yess, Paddle Pop merupakan es krim yang cukup popular dan merupakan salah satu produk Walls. Pasti sudah pada tahu ya? 

Paddle Pop ingin mengajak anak-anak menjelajahi ruang angkasa secara gratis dengan daftarkan data diri melalui WhatsApp Paddle Pop dan ikuti instruksi selanjutnya. Tuh, baik banget ya Paddle Pop. Dengan begini anak-anak bisa bermain namun juga mendapatkan ilmu pengetahuan. Lagi pula belajar dengan visualisasi pasti lebih asyik dan gampang dimengerti. Program ini sangat bermanfaat sekali buat kami dan beruntungnya bisa ikutan pula.

Sambil berpetualang, asyik banget ngemil es krim Mochi. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan es krim Mochinya ya. 

Sumber gambar: Instagram Paddle Pop

Paddle Pop Mochi merupakan salah satu dari banyaknya rangkaian es krim paddle Pop. Paddle Pop Mochi terbuat dari lapisan mochi yang lembut dan kenyal serta ada kejutan es krim chocolate dan vanilla di dalamnya. Hmm.. so yummy! Cocok banget dibuat camilan. Meski mengandung susu, gak perlu khawatir karena es krim ini dibuat dengan kalori dan lemak yang seimbang serta menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman untuk anak-anak. Harganya juga terjangkau. Saya belinya dengan harga Rp4.000/pcs.


Petualangan ke Planet Mochi

Sebelum mengikuti liburan virtualnya, saya dan Dhavy sempat penasaran dengan Planet Mochi. Apa sih Planet Mochi itu dan dimana letaknya di luar angkasa sana? Kalian pasti penasaran juga kan? Yuk cari jawabannya dengan mengikuti petualangan kami. Begini kira-kira rangkumannya. Oh ya, petualangan kami dipandu oleh Bu guru Azka dan kak Arina dari Mungilmu.

-  “Ting-tong... suara bel berbunyi”. Setelah pintu dibuka ternyata ada pak pos Jeri si Jerapah mengantarkan surat undangan langsung dari luar angkasa untuk mengajak para sahabat Mungilmu berlibur ke planet Mochi dengan mengikuti petunjuk yang ada. Ajakan tersebut berasal dari Singa Paddle Pop.

Surat dari Singa Paddle Pop

-  Petunjuknya ternyata terdapat pada kotak mainan yang didapat para sahabat Mungilmu berupa playmat tata surya, gunting, pewarna, printables gambar planet, roket, dan lain-lain. (Kebetulan saya gak dapat kotaknya karena hanya untuk 100 pendaftar tercepat. Namun bisa dikreasikan sendiri karena bahan-bahannya gampang kok).

- Kemudian para sahabat Mungilmu diajak menyusun planet-planet tersebut sesuai urutannya di playmat tata surya. Mereka diperintahkan untuk menempelkan stiker planet-planetnya. Wah, anak-anak sangat antusias karena tanpa sadar sebenarnya sambil bermain mereka juga belajar.


Tata Surya kreasi sendiri hasil kerja sama Dhavy, Ayah dan Mama

- Dimulai dari menempelkan stiker matahari, kemudian planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Neptunus. Wah, dengan begini anak-anak jadi tau urutan tata surya yang benar ya. Gak hanya anak-anak, sebenarnya mamanya juga iya sih karena udah lupa urutannya, hehehe. Bu guru menjelaskan bahwa para planet berada sesuai di garis orbitnya sehingga gak akan bertabrakan karena kekuasan Tuhan. Alhamdulillah, jangan lupa bersyukur ya.

-  Setelah itu anak-anak diajak untuk membuat roket tiup bersama dari kertas dan sedotan agar bisa terbang ke planet Mochi. Wah seru banget ya!

- Kemudian para sahabat Mungilmu diperintahkan untuk mencari planet Mochi dengan bantuan aplikasi Assemblr pada smartphone, kemudian search, scan gambar atau QR code @PLANETMOCHI. Nantinya para sahabat Mungilmu akan mendapatkan petunjuknya masing-masing untuk mencari Singa Paddle Pop di Planet Mochi. Wah, makin penasaran ya di mana letak planet Mochi. Begini kira-kira petunjuknya ⬇️⬇️

  1. Sahabat Mungilmu mulai menjelajahi ruang angkasa. Saat tiba di Planet Merkurius, planet berkata : "Aku Planet Merkurius. Aku bukan Planet Mochi. Planet Mochi dinamakan dari Dewa langit Yunani". Kami pun melanjutkan perjalanan.
  2. Saat sampai di Planet Venus, planet berkata: "Aku Planet Venus. Aku bukan Planet Mochi karena Planet Mochi adalah planet ke tujuh dari matahari". 
  3. Kemudian kami pergi ke Bumi, Bumi berkata: "Aku Planet Bumi. Aku bukan Planet Mochi. Planet Mochi memiliki 27 satelit alam". Nah, bumi tempat kita tinggal hanya punya 1 satelit alam yaitu bulan.
  4. Lalu perjalanan dilanjutkan ke Planet Mars. Mars juga berkata: "Aku Planet Mars. Aku bukan Planet Mochi, Planet Mochi itu dingin". Duh.. ternyata bukan juga ya. Lalu dimana sih Planet Mochi?
  5. Kemudian kami berada di Planet Jupiter, Jupiter berkata: "Aku Planet Jupiter. Aku bukan Planet Mochi. Planet Mochi ditemukan tahun 1781 oleh astronomer William Herschel".
  6. Kemudian kami menuju ke Planet Saturnus, planet itu berkata: "Aku Planet Saturnus. Aku bukan Planet Mochi, Planet Mochi itu warna biru". Wah, makin penasaran ya! Daaaaan... petunjuk terakhir adalah???
  7. "Aku Planet Neptunus. Aku bukan Planet Mochi meski kami berdua sering disebut dengan raksasa Es".
Nah, kira-kira planet yang gak ada dalam petunjuk planet apa ya? Lalu dimanakah Planet  Mochinya??Jreng..jreng... 

Sumber gambar: Instagram Paddle Pop

Yess, ternyata Planet Mochi itu adalah Planet Uranus. Setelah melakukan perjalanan panjang ke masing-masing planet, finally kami menemukan Singa Paddle Pop di Planet Uranus. Dhavy dan anak-anak lainnya happy sekali.

Yeayyy.. seru ya petualangan kami! Sekarang rasa penasaran pun sudah terbayarkan. Akhir acara, kami pun menghias es krim mochi berbentuk roket atau sesuai imajinasi masing-masing. 




And then we enjoy it. Happy weekend All !

You Might Also Like

12 komentar

  1. Seru bgt sih mba kegiatannya, Paddle Pop juga kesukaan anakku.Seru ya main ke Planet Mochi, bisa belajar banyak hal dan melakukan banyak aktivitas yang bisa memperluas wawasan anak terutama mengenai planet.

    BalasHapus
  2. Bagus ya program yang diusung Paddle Pop ini buat anak gak bosen dirumah aja belajar sambil bermain yang menyenangkan

    BalasHapus
  3. salut sekali dengan paddle pop ditengah pandemi seperti ini tetap memperhatikan anak-anak dengan membuat program seperti ini agar anak-anak tetap bisa bermain sambil belajar, kali ini petualangannya berlanjut yah keluar angkasa, seru dan menyenangkan sekali

    BalasHapus
  4. Anakku gak pernah absen nih tiap sabtu selalu ikutan acaranya paddle pop, tambah senang lagi saat bisa jelajah planet mochi

    BalasHapus
  5. Waa.. auto pengen jajan paddle pop mochi nya deh. Belum pernah nyoba soalnya. Pasti seenak itu yah. Ini brand ice cream favoritku soalnya.

    BalasHapus
  6. Wah seru yaa acaranya. Semoga aja nanti bakal ada lagi acara kayak gini dari paddle pop

    BalasHapus
  7. Acara ke planet mochi bneran bkin happy anak sama ibunya nih belajar planet2 diluar angkasa smbil ngemil es krim yg enakk

    BalasHapus
  8. Menyenangkan sekali mba bisa menikmati planet mochi bersama anak. Apalagi sambil makan ice cream mochi 😃. Paddle Pop luar biasa memberikan kreatifitas bagi kita orangtua main bersama anak

    BalasHapus
  9. wahh seru banget jalan jalan virtual ke ruang angkasa seperti ini ya mbak
    anak hepi
    bisa bermain sambil belajar

    BalasHapus
  10. Planet Mochi yang tampak jauuh namun ternyata bersama Paddle Pop, anak-anak memiliki pengalaman luar biasa menjelajah Planet Mochi yaa..
    Senang sekali melihat senyuman anak-anak yang ceria membuat DIY bersama-sama.

    BalasHapus
  11. sayang banget aku ketinggalan ikutan liburan ke planet mochi kemarin padahal kayaknya seru ga bisa main sambil elakar

    BalasHapus
  12. seru memang..kemarin itu anak sy juga ikutan, meski tidak dapat alat permainannya tp dia antusias ikut dengan alat seadanya dan menebak2 nama nama planetnya

    BalasHapus

Pengikut

Total Tayangan Halaman