Mau Tau Seputar Kesehatanmu ? Ke Sehatq.com Aja !

April 15, 2020




Kepala pusing, gigi nyut-nyutan, mata terasa panas dan sakit, kemudian hidung pun tersumbat (duuh.. lengkap banget yah). Dan lebih parahnya lagi kondisi ini terasa pada bagian tubuh yang sebelah saja. Hmm..kok bisa?Bagaimana dengan penderitanya? Ya sudah pastilah bawaannya sensitif. Kalau ada yang ngajak ribut, rasanya pengen tonjok sekalian dech,haha. Karena rasanya pasti gak nyaman dan tersiksa banget ya.

Kondisi seperti ini pernah beberapa kali dialami oleh suami saya. Jika rasa itu menyerang dia hanya tergolek lunglai sambil meringkuk menahan sakit dengan keringat mengucur deras dari tubuhnya. Beberapa urat pun terlihat menonjol disekitar dahi. Jika demikian, suami akan meminta saya ke apotek untuk membeli obat.

Lantas sakit apakah ini ? Ya, kondisi seperti ini biasa dinamakan migrain. Migrain adalah rasa sakit disertai berdenyut pada bagian satu sisi tubuh atau sebelah saja. Ini umumnya terjadi pada bagian kepala dan bisa juga merembet ke bagian wajah lainnya.


ilustrasi migrain (sumber foto: pngitem.com)

Terkadang timbul rasa ingin tau apa sih sebenarnya yang menyebabkan migrain ini bisa terjadi. Kalau dipikir-pikir aneh aja, pusing kok bisa sebelah kepala aja ya, heheh. Memang sih suami saya ini perokok aktif yang seharinya bisa menghabiskan beberapa batang rokok. Belum lagi pekerjaan yang sangat menguras tenaga dan pikiran sehingga pola makannya pun amburadul, ck..ck..ck.

Sebagai istri, sayapun tidak tinggal diam. Saya mencoba searching- serching di beberapa situs website, sampai akhirnya menemukan situs sehatq.com. Di situs ini saya bisa mendapatkan informasi mengenai penyakit apa saja , tidak hanya tentang migrain.

Sehatq.com adalah situs yang menyediakan informasi dan solusi seputar dunia kesehatan. Disini kita bisa melakukan tanya jawab dengan beberapa dokter yang berkompeten sesuai bidangnya untuk menjawab pertanyaan seputar kesehatan.  Para pasien juga bisa membuat jadwal untuk bertemu dokter. Wah.. gampang banget ya. Kita bisa membuat janji dengan dokter yang disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal.

Kembali ngomongin soal migrain tadi, di situs Sehatq.com saya menemukan beberapa artikel mengenai migrain. Salah satunya tentang  penyebab migrain. Nah, pas sekali dengan info yang ingin saya cari. Menurut artikel tersebut, ada beberapa faktor penyebab migrain, yaitu:
  1. Melihat layar monitor terlalu lama
  2. Makanan dan minuman
  3. Kebisingan, dan
  4. Stress

Di samping empat hal tersebut, faktor-faktor pemicu migrain lainnya juga cukup beragam, seperti intensitas cahaya, kurangnya konsumsi air, perubahan cuaca, rokok, perubahan kebiasaan dan aktivitas, dan lain-lain. 


Lantas, bagaimana dong cara mengatasinya? Nah, menurut artikel di situs ini, ada beberapa gerakan olah raga yang bisa dilakukan saat migrain kambuh. Diantaranya:
  1. Aerobik atau latihan kardio
  2. Yoga
  3. Pilates dan
  4. Latihan kekuatan tubuh


aerobik atau latihan kardio  (sumber foto:fitnessformen.co.id)

Wahh, lengkap juga ya infonya. Dari membaca beberapa artikel di situs tersebut bisa menjadi referensi buat kita terutama saya dan keluarga untuk lebih baik lagi menjaga kesehatan. Dan saya menarik kesimpulan bahwa intinya hidup sehat itu gampang kok yaitu dengan menjaga keseimbangan antara gaya hidup dan makanan, seperti: hindari stress, atur pola makan, konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rajin berolah raga, dan perbanyak minum air putih.                          


You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Total Tayangan Halaman