Aktivitas Positif #DiRumahAja Selama Wabah Corona

April 16, 2020



Jujur, sebenarnya saya mulai bosan setelah hampir sebulan di rumah saja. Keinginan untuk jalan-jalan dan sesekali berkuliner di luar rumah harus tertahan karena adanya wabah virus. Yups, dampak pandemi virus COVID 19 dan juga imbauan pemerintah untuk tetap #DiRumahAja mau tidak mau harus dipatuhi demi kesehatan diri sendiri dan tentu saja untuk memutus mata rantai penyebarannya. Namun tanpa harus melakukan apa-apa di rumah hanya semakin menambah kebosanan tentunya.

Nah, moms banyak hal-hal positif yang bisa kita lakukan walaupun tetap stay di rumah ya. Yah, itung-itung untuk mengalihkan kebosanan. Misalnya menanam bunga, berkreasi menjahit masker, memasak, berkreasi nyobain resep baru, dan lain-lain.



Menemani Anak Belajar

Ngomongin soal aktifitas di rumah selama masa pandemi ini, sebenarnya gak banyak berbeda sama sebelum masa pandemi. Bedanya,saya hanya perlu meluangkan waktu di pagi hari untuk menemani anak belajar. Apalagi sejak tanggal 13 April 2020, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Nadiem Karim menghimbau para pelajar untuk belajar melalui stasiun TVRI sesuai dengan jadwal tingkatan kelasnya. Nah, karena anak saya baru kelas 1 SD maka jadwal belajarnya dari jam 8.30 WIB - 9.00 WIB. Saya perlu mendampingi anak karena di sesi tayangan biasanya setelah ada penjelasan maka akan diberikan pertanyaan. Dan saya membantu mencatatkan pertanyaannya. Setelah acaranya selesai, saya pun mengawasi anak untuk mengerjakan tugasnya dibuku dan kemudian di foto untuk dikirimkan ke gurunya.




Berkreasi membuat Makanan

Yang namanya liburan dan #DiRumah Aja, pasti pikiran gak jauh-jauh dari makanan. Setuju ya moms? Apalagi saya punya anak kecil, setiap saat buka tutup kulkas nyarik makanan. Padahal udah makan nasi nih, tapi bawaannya mau makaaan aja,  heheh.. (yang dewasa juga gitu kok). Yah, demi keluarga, alhasil saya pun jadi lebih rajin buat makanan sendiri. Selain nggak perlu keluar rumah, tentunya lebih higienis.








salad buah




Membuat Masker

Hal baik lainnya yang dilakukan selama di rumah aja yaitu saya bisa menjahit masker sendiri loh moms. Musim pandemi ini memang membuat kita lebih sering menggunakan masker jika harus terpaksa keluar rumah. Nah, karena itulah saya mencoba-coba jahit masker sendiri dengan kain perca atau baju bekas. Menjahitnya pakai tangan saja karena gak punya mesin jahit, haha. Dan hasilnya lumayan la untuk pakai sendiri.


masker dari kain bekas yang dijahit tangan

Efek virus corona tidak melulu negatif, tapi ada sisi positifnya juga. Seperti kita lebih menjaga kebersihan, polusi udara bekurang, lebih peduli terhadap sesama, lebih dekat dengan Tuhan dan lain-lain. Walaupun begitu, saya berharap semoga pandemi ini segera berakhir agar kehidupan kita menjadi lebih baik lagi.


You Might Also Like

2 komentar

Pengikut

Total Tayangan Halaman