CUKUPI VITAMIN D DAN IKUTI BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK

Mei 07, 2024

 

Hai moms... beruntung sekali Sabtu lalu tepatnya tanggal 27 April 2024 saya berkesempatan ikut webinar tentang "Orang tua Harus Tahu: Pentingnya Vitamin D Untuk Peningkatan Kognitif Anak" .  Webinar diinisiasi oleh Sinotif dengan menghadirkan Ibu Tri Hastuti, Kepala Cabang & Product Specialist Parahita Diagnostic Center sebagai narasumber.




Sebagai orang tua saya tentu menginginkan pertumbuhan dan perkembangan buah hati berjalan normal. Kebutuhan sandang, pangan, papan buat anak alhamdulillah tercukupi. Namun apakah nutrisinya sesuai? Belum tentu! Pemenuhan kebutuhan nutrisi buat anak, sumber dan dosisnya ternyata masih banyak yang saya keliru bahkan gak tau ! Melalui webinar ini saya berasa dapat ilmu berharga dan punya banyak PR yang harus segera dibenahi dalam keluarga terutama pemenuhan vitamin D buat anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan.



FUNGSI DAN PERAN VITAMIN D BAGI KESEHATAN MANUSIA 

 

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam minyak, mempunyai peranan penting dalam berbagai proses tubuh. Seperti yang saya ketahui bahwa vitamin D berfungsi untuk pembentukan, menguatkan tulang, otot dan gigi. Sejak mendengarkan penjelasan dari ibu Tri , saya baru tau bahwa gak cuma tulang, otot dan gigi, ternyata vitamin D juga berguna buat perkembangan otak, memperkuat imun dan organ tubuh lainnya. 


Fungsi vitamin D bagi tubuh manusia  (sumber : Parahita Diagnostic Center)



DARI MANA SUMBER VITAMIN D ?


Banyak sumber vitamin D yang bisa kita dapatkan. Sumber vitamin D berasal dari 80% sinar matahari, 20% dari makanan (D2 tumbuhan dan D3 hewan), serta suplemen tambahan. 


Matahari merupakan sumber vitamin D dari alam yang dapat dimanfaatkan dengan berjemur. Gak cuma kain basah yang dijemur ya moms tapi tubuh kita juga harus dijemur buat dapat vitamin D nya. Makanya vitamin D sering disebut sebagai vitamin matahari yang bisa kita manfaatkan saat pagi hari. Menurut ibu Tri, berjemur dibawah matahari pagi idealnya dapat dilakukan antara rentang waktu dari jam 8 pagi sampai jam 11 siang karena Vitamin D pada jam tersebut lebih dominan dibandingkan sinar ultraviolet. Berjemur bisa dilakukan maksimal 30 menit dan lebih efektif tidak menggunakan penutup kepala, menggunakan baju longgar dan tidak ketat agar 60 persen permukaan tubuh dapat terkena sinar matahari. Dengan demikian vitamin D dapat diserap dengan baik.


Selain sinar matahari pagi, sumber vitamin D juga berasal dari makanan yang terdapat pada ikan salmon, ikan sarden, ikan haring, minyak hati ikan kod, dan ikan tuna. 



GEJALA & RESIKO KEKURANGAN VITAMIN D 


Sumber : Parahita Diagnostic Center 


Manusia membutuhkan vitamin D sepanjang hidup. Kekurangan (defisiensi) vitamin D mengganggu kesehatan dan perkembangan anak. Adapun gejala kekurangan vitamin D yang dapat diwaspadai yaitu lemah, lesu, gampang capek, kurang konsentrasi, daya ingat buruk, badmood, alergi , asma, rambut rontok, gigi rapuh, kurang tidur, gampang sakit dan lainnya. Parahnya pada anak-anak dapat mengganggu perkembangan otak dan kognitifnya.



CUKUPI KEBUTUHAN VITAMIN D PADA ANAK DAN IKUTI BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIFNYA 


Moms, pasti pengin ya anaknya sukses dalam proses belajar? Begitu juga dengan saya yang selama ini berusaha buat dampingi anak belajar sebisanya. Namun jika mendapati gejala kekurangan vitamin D pada anak sebaiknya cukupi terlebih dahulu kebutuhan vitamin D nya agar dapat merangsang kemampuan kognitifnya dan diharapkan lebih fokus belajar.


Kebutuhan vitamin D bagi manusia


Setelah fokus anak membaik, para orang tua setelahnya bisa memasukkan anak dalam bimbingan belajar yang lebih efektif dan berkompeten untuk membantu proses belajarnya menjadi lebih mudah dan menyenangkan.



BIMBINGAN BELAJAR DI SINOTIF


Sinotif merupakan bimbingan belajar online khusus eksakta meliputi matematika, fisika, kimia untuk siswa SD, SMP, maupun SMA. Kurang lebih sudah 20 tahun Sinotif terbukti membantu meningkatkan nilai para siswanya melalui bimbingan belajar. Sejak pandemi tahun 2020 Sinotif melayani bimbingan belajar online yang memudahkan para siswa bisa belajar dari mana saja, kapan saja dan tanpa batasan wilayah. 


Bimbingan belajar online eksakta di Sinotif menggunakan kurikulum yang terdiri dari K13, kurikulum merdeka, kurikulum nasional, kurikulum nasional plus, dan kurikulum internasional, yang akan disesuaikan dengan kurikulum para siswa di sekolah. Para siswa akan dibantu secara personal oleh pengajar Sinotif bahkan jika ada pekerjaan sekolah yang belum paham dan belum selesai akan diajarkan sampai siswa bisa mengerjakannya. Selain itu sistem belajarnya juga ada live dan interaktif agar lebih komunikatif dan menyenangkan.


Adapun bimbel online di Sinotif mengacu pada 4 pilar pengajaran , yaitu :


1. Specialized, siswa dibimbing oleh pengajar ahli yang sudah tersertifikasi khusus.


2. Systemized, belajar dengan mudah dan efektif dengan modul soal dan konsep yang asyik.


3. Personalized, belajar sesuai kebutuhan siswa agar lebih fokus dan mencapai targetnya.


4. Limitless, layanan 24 jam nonstop. Melalui situs Seratusinstitute.com , para siswa dapat bertanya soal dan mengulangi pelajarannya.


Nah, untuk yang ingin bimbingan belajar online di Sinotif bisa memilih salah satu paket belajarnya, yaitu:

✅ Sinotif Premier Diamond. Paket belajar secara privat & eksklusif, serta bergaransi uang kembali.


✅ Sinotif Premier Platinum. Belajar secara personal sesuai dengan kebutuhan siswa.


✅ Sinotif Premier Gold. Belajar bersama guru spesialis dengan modul lengkap dan sistematis.


✅ Sinotif Premier Silver. Belajar mandiri dengan bimbingan guru dan siswa bebas bertanya tugas sekolah kapan saja.


Yuk moms segera cukupi kebutuhan vitamin D pada anak-anak kita agar dapat merangsang perkembangan otaknya, memperbaiki konsentrasi belajar dan segera ikuti bimbingan belajar demi kesuksesan di masa depan.

 












You Might Also Like

0 comments