Ternyata Membaca Nyaring itu Penting

Mei 19, 2021


sumber gbr : Canva


Hai moms...

Orang tua mana sih yang gak dilema melihat kenyataan bahwa anaknya lebih senang pegang gadget daripada pegang buku ? Inilah realita! Dengan kemajuan jaman tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan gadget sangat booming dan bendanya pun mudah didapat. Memang gadget tidak selalu memberikan efek negatif tapi sayangnya para anak kita yang terlalu keranjingan main gadget sehingga malas pegang buku. Padahal membaca buku bukan sekedar membaca dan mengeja namun sebagai bekal mereka di masa depan.Sebagai orang tua saya merasa harus lebih ekstra mencari cara yang asyik untuk pengalihannya.

Pada Selasa, 11 Mei 2021 bersyukur sekali saya bisa mengikuti zoom meeting bersama Blogger Perempuan Network , Let’s Read Indonesia dan teman- teman blogger lainnya. Acara berlangsung selama kurang lebih 2 jam dengan tema: Buku Bekal Anak Bertumbuh dengan pembicara yaitu Mbak Elsa dan ibu Roosie Setiawan.





Sebelum ngobrol bareng dengan pemateri, panitia memutar sebuah video mengenai Let’s Read Indonesia . Di dalam video diperlihatkan bagaimana proses pembuatan sebuah cerita beserta ilustrasi gambarnya sebelum cerita tersebut diterbitkan. Para penulis dan ilustrator saling sharing dalam aktivitas yang dinamai book lab agar menghasilkan cerita bergambar yang bagus.

Banyak buku yang bisa dijadikan sumber bacaan anak. Apalagi jaman sekarang buku bacaan anak sudah banyak variasinya dengan ilustrasi gambar dan warna-warna yang bagus. Selain buku berbentuk fisik, buku digital juga bisa menjadi pilihan. Nah, Let’s read hadir untuk memudahkan dan membuat anak Indonesia gemar membaca.  


Apa sih Let’s Read?

Selaku Social Media Konten Development dari the Asia Foundation Indonesia , Mbak Elsa Agustine menjelaskan mengenai Let’s Read. Let’s Read merupakan aplikasi perpustakaan digital  buku cerita anak persembahan komunitas literasi dan the Asia Foundation. Let’s Read hadir di Indonesia sejak tahun 2017. Kumpulan cerita di Let's Read sendiri merupakan kontribusi dari beberapa negara yang kemudian diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. 





Bagaimana cara mengaksesnya? Yup, Let’s Read dapat diakses melalui Android dan website secara gratis. Ceritanya dapat diunduh, dicetak dan dibagikan namun tidak untuk diperjualbelikan. Dan bila ingin merekam cerita-cerita yang ada di Let’s Read juga boleh tapi harus menyertakan atribusinya seperti penulis, ilustrator dan penerbitnya. Kalau begini setuju ya, kita harus mengapresiasi hasil karya orang lain dengan tidak berlaku curang.

Nah, setelah ngobrol mengenai Let's Read, Pemateri selanjutnya adalah Ibu Roosie Setiawan , Founder Reading Bugs dan Penggagas komunitas Read Aloud Indonesia. 


Ibu Roosie Setiawan


Komunitas ini memiliki visi dan misi yang sangat mulia. Visinya adalah membuat anak Indonesia menjadi pembaca sepanjang hayat. Sedangkan misinya adalah menjadikan read aloud sebagai budaya di keluarga, sekolah dan masyarakat.

Sebelum sharing lebih banyak, Ibu Roosie mencoba membacakan cerita dari Let’s Read yang berjudul “Daisy yang hebat” dengan cara membaca nyaring. Dari situ terlihat perbedaan antara membaca nyaring dan membaca biasa. Sebagai penyimak, ternyata lebih asyik mendengarkan cerita yang dibacakan nyaring. Serasa ikut "nyemplung" dalam suasana cerita. Hmmm.. ilmu baru nih. Next, akan ngelakuin hal yang sama ke anak.


Mengapa harus membaca Nyaring?


Membaca buku bukan sekedar menghabiskan bacaan sampai selesai namun menikmati prosesnya. Membaca Nyaring bertujuan membangun  ketrampilan dasar penting, memperkenalkan kosakata,memberikan model membaca yang lancar dan ekspresif kemudian juga bisa membangun bonding antara anak dan orang tua sehingga terciptalah suasana yang menyenangkan. 

Oleh sebab itu menurut buk Roosie membaca nyaring  sangatlah penting dilakukan oleh orangtua dan guru kepada anak-anak. Hal ini bisa dilakukan bahkan anak masih di dalam kandungan 3 semester terakhir.



Ketika membacakan cerita dengan nyaring sebaiknya berikan intonasi dan irama agar cerita lebih menarik dan mudah dipahami, serta meningkatkan konsentrasi anak.



Tahapan membaca sesuai usia anak


pilihlah buku bacaan sesuai usianya


Wah.. seru ya materi nya. Banyak sekali feedback yang saya terima dari online gathering ini. Saya tersadar bahwa masih banyak hutang waktu ke anak untuk membacakan buku atau cerita bersama. Dan PR buat saya bagaimana cara menarik minat baca anak tanpa harus memaksanya. Ternyata membaca nyaring itu penting dan bisa menjadi pilihan. Membaca 
nyaring agar anak mendapatkan pengalaman yang menyenangkan buat bekal bertumbuhnya.

 

 

     ...

You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Total Tayangan Halaman