Es Palembang dan Es Kolding Es Favorit Sepanjang Masa

November 23, 2018



Siang moms..kembali lagi nih cerita dari saya. Kali ini saya mau sharing minuman favorit keluarga. Ceritanya setiap weekend saya selalu mengunjungi kedua orangtua saya di Pangkalan Berandan. Hari Sabtu 17 November lalu saya ngajak suami pulang kampung ke Pangkalan Brandan, untuk menjenguk Mamak dan Ayah saya. Maklum setelah anak-anaknya menikah semua, orangtua hanya tinggal berdua dan saya lah anak yang paling dekat tempat tinggalnya dibanding dengan kakak dan abang-abang yang lain.

Apalagi saya lihat kalender bahwa tanggal 20 November itu tanggal merah, Dhavy libur sekolah. Terpaksa deh hari Senin anak lajang bolos sekolah TK nya (hehehe, jangan ditiru ya moms). Libur kejepit sih. Jadi lumayan nih saya bisa liburannya lebih lama di rumah ortu.  Seperti biasa kalau anaknya datang Mamak suka masak makanan kesukaan kami anak dan cucunya. Berhubung tukang ikan ditungguin nggak muncul-muncul, jadilah Mamak meminta saya belanja ke pasar

Kemudian saya, suami dan anak lajang bergegas belanja ke pasar, biar nggak kesiangan. Setelah selesai belanja ikan dan sayur, kami pun langsung pulang. Cuaca siang itu panas sekali. Ketika melintasi jalan Kartini Pangkalan Berandan, tiba-tiba saya kepingin beli Es Pal (Es Palembang) yang terkenal di kota kami. Jadi deh saya beli Es Pal dan suami beli Es Kolding.



Es Pal

Es ini sebenarnya kepanjangan dari Es Palembang. Tapi di kota Pangkalan Brandan dikenal dengan nama Es Pal. Es ini berwarna merah jambu yang terbuat dari campuran susu dan sirup merah (kayaknya sih Sirup Kurnia). Dalam Es Pal ini banyak campurannya moms, ada kacang merah, potongan nangka kecil-kecil, potongan nenas kecil-kecil, manisan pepaya muda yang dipotong kecil panjang, agar-agar dan lengkong yang dipotong dadu. Kemudian diberikan es serut. Rasanya manis dan enak. Satu porsi es seharga Rp10.000 saja moms, dan dijamin nagih.

Es Pal

Dhavy suka sekali Es Pal


Es Kolding

Es Kolding ini adalah singkatan dari Es Kolak Dingin. Terbuat dari santan yang diberi gula merah. Didalam es ini terdapat potongan pisang dan pulut (ketan) disertai es serut. Rasanya tentu saja enak dan manis. Satu porsinya seharga Rp10.000.

Es Kolding

Es Pal dan Es Kolding sudah dijual sejak lama dan selalu ramai pengunjung. Tersedia juga es lainnya. Tempat bejualan tepatnya di jalan Kartini No.35 Pangkalan Brandan. Kalau bulan puasa Es Pal dan Es Kolding ini selalu rame moms, ngantrinya sampai panjang banget. So, kalau moms main ke kota kelahiran saya di Pangkalan Berandan jangan lupa nyobain Es Pal dan Es Kolding ya moms.






You Might Also Like

6 komentar

  1. Mantap kali ah Es Pal, di Tangerang tak ada huhu

    BalasHapus
  2. Kalok ke brandan kabari yaaa..biar lgsg ketemuan di kartini...

    BalasHapus
  3. Es kolding saya pikir es apaaa gitu, eh ternyata es kolak dingin hehehe.
    enak tuh mba, es kolak dingin, apalagi pakai ketan :)

    BalasHapus
  4. Ya ini es favorit kami kalau mudik...gak ada di kota lain, pernah buka cabang di Yogya tapi tidak tahu masih ada tidak...jadi ya ke sini aja kalau rindu rasa dan masa lalu.. Salam kenal yang punya blog

    BalasHapus

Pengikut

Total Tayangan Halaman