8 Bagian Motor Yang Gak Boleh di Skip Saat Service Motor

November 28, 2023


Gak terasa bulan depan akan terjadi pergantian tahun. Momen pergantian tahun biasanya banyak dimanfaatkan buat liburan atau sekedar jalan-jalan tipis-tipis. Selain budget, kesehatan kendaraan juga wajib dipersiapkan biar perjalanan lancar.

Sebagai pengguna motor, servis motor atau pengecekan secara teratur wajib dilakukan agar motor aman digunakan. Apalagi kalau motornya sudah sering dipakai buat perjalanan jauh, pasti perlu perawatan dan pengecekan pada mesin motor. Nah, kira-kira apa aja ya yang wajib diservis dan gak boleh di-skip? Berikut ulasannya !

  1. Oli Mesin

Kendaraan bermotor memerlukan oli mesin yang berguna sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Oleh sebab itu, oli mesin perlu diganti secara teratur sesuai capaian jarak tempuh, dimana biasanya pabrik merekomendasikan di angka 2500 kilometer. 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi wajar saja jika retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Penggantian oli mesin dapat dilakukan di bengkel.

  1. Oli Gardan

Selain oli mesin, ada juga oli gardan yang pemakaiannya wajib diperhatikan pada motor matic. Oli motor matic, Oli gardan berfungsi untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Oli gardan bisa diganti setelah 2x ganti oli mesin, baru kemudian bersama oli mesin, oli gardan dapat diganti. Ini rumus penggantian oli gardan yang wajib diingat biar motor matic tetap sehat terawat.


Oli Motor Matic

  1. Busi

Busi juga merupakan salah satu bagian pada bagian motor yang wajib diservis secara rutin. Busi membuat motor menyala karena bekerja mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api. Jika busi kotor biasanya akan membuat jalan motor tersendat-sendat dan terkadang menimbulkan suara mirip tembakan/ledakan kecil. Bahkan busi yang bermasalah akan menyebabkan motor sulit dinyalakan. Jika busi sudah tidak berfungsi maka harus segera diganti.


  1. Kampas Rem

Gak kebayang gimana jadinya jika kendaraan bermotor mempunyai rem yang tak berfungsi dengan baik ? Pastinya bisa  menimbulkan tabrak sana sini ya. Rem berperan penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan saat berkendara. 

Dalam sistem pengereman, terdapat kampas rem yang berfungsi menjepit gerakan ban sehingga laju motor berhenti. Gesekan yang sering terjadi antara kampas rem dan ban saat tuas rem ditekan maka menyebabkan kampas rem lambat laun menjadi tipis. Kampas rem yang tipis membuat rem jadi kurang pakem dan bisa menyebabkan kecelakaan.


  1. Filter Udara

Pada sepeda motor terdapat filter udara yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tak ada kotoran yang masuk. Namanya saringan pasti terdapat residu yang menempel. Filter udara yang kotor harus segera dibersihkan agar tak menyumbat sistem injeksi dan karburator. Apabila sudah tak berfungsi maka harus segera diganti.


  1. Aki atau Accu

Pemeriksaan aki atau accu harus rutin dan detail dilakukan agar berkendara menjadi nyaman. Ternyata aki atau accu memiliki tegangan yang harus disesuaikan pemakaiannya. Idealnya saat kondisi mesin mati, tegangan aki berada pada 12,3-12,6 Volt. Sedangkan saat kondisi mesin menyala maka tegangan aki harus 13,7 - 14,2 Volt. Jika tegangan aki sudah gak sesuai ketentuan di atas, artinya aki harus segera diganti.


  1. Ban

Sebelum bepergian, pengecekan ban adalah salah satu hal penting yang bisa dilakukan oleh pengendara. Namun saat servis motor di bengkel kondisi ban juga akan diperiksa oleh mekanik secara keseluruhan seperti tekanan udara, performa ban (tipis/gundul atau tidak) dan lain-lain.


  1. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up merupakan pemeriksaan komponen-komponen yang menunjang performa motor seperti pengecekan rem, tegangan rantai, klakson, tekanan ban, kondisi lampu, dan pembersihan karburator (saringan udara).

Terkadang mekanik juga melakukan penggantian oli mesin, oli gardan, dan juga sparepart saat tune up dengan catatan atas persetujuan si pemilik kendaraan terlebih dahulu.


Planet Ban, Bengkel Servis Motor Terbaik

Pernah mendengar Planet Ban? Hmm.. sekilas terpikir ini adalah tempat penjualan segala jenis ban, tapi ternyata keliru. Planet Ban merupakan bengkel servis motor rasa mesin baru.

Servis motor rasa baru maksudnya adalah sistem servis terpadu yang bertujuan untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan hemat biaya.

Servis motor rasa baru difokuskan untuk mengecek bagian sepeda motor yang letaknya tersembunyi, jarang diservis, apalagi disetel rutin.

Planet Ban merupakan bengkel servis motor terbaik yang memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

  • Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.


Keistimewaan Servis Motor di Planet Ban

Biasanya ada aja yang bikin gak puas kalau servis motor di bengkel lain seperti masih ada kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang menempel di beberapa bagian mesin motor. Bahkan kadangkala masih ada kotoran dan debu di blok CVT yang bikin motor jadi terasa berat. Pelayanan kadang juga mengecewakan.

Impresi pertama servis di Planet Ban bikin jatuh hati. Di Planet Ban, servis motor begitu detail. Seluruh bagian atau part mesin, kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Servis motor di Planet Ban benar- benar istimewa, gak bikin kecewa, justru bikin motor seperti punya mesin baru. Tarikan motor jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Pusing mikirin biaya servis ? Tenang aja ! Di Planet Ban servis motor selengkap dan perawatan motor sebersih ini dikenakan biaya yang sangat murah. Untuk servis motor injeksi cuma dikenakan biaya Rp20.000,- servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- dan servis throttle body juga cuma dikenakan biaya Rp20.000,-


Nah, sekarang udah tau kan bengkel servis motor terbaik ? Buruan ke Planet Ban layanan terbaik untuk servis motor rasa baru biar momen tahun baru semakin happy.





You Might Also Like

5 comments

  1. Sudah beberapa kali serviece motor di Planet Ban. Rapih kerjanya

    BalasHapus
  2. Jangan anggap sepele memang urusan motor bisa berabe kalau motornya ngambek ujung-ujungnya banyak yang rusak. Kami suka rutin service motor di Planet Ban, pelayanannya bagus.

    BalasHapus
  3. Biasanya urusan motor kerjaannya suami. Sepertinya memang sudah waktunya untuk bisa ke bengkel sendiri nih.

    BalasHapus
  4. Baru tau tentang planet ban. Terima kasih infonya mbak. Bermanfaat sekali. Karena perawatan sepeda motor juga penting.

    BalasHapus
  5. Lengkap ya servis motor di Planet Ban. Biayanya juga terjangkau. Ntar mau servis di Planet Ban juga.

    BalasHapus