Go to Digitalisasi Perbankan, BRILink Akses Tergampang Untuk Semua Lapisan Masyarakat Indonesia

November 24, 2023

Siapa yang gak kenal Bank Rakyat Indonesia (BRI) ? Sudah 128 tahun BRI melayani masyarakat Indonesia di dunia perbankan. Selama itu pula BRI terus belajar, berevaluasi, bertumbuh dan berkonstribusi untuk memberi makna Indonesia.

Di usianya yang tak muda, tentu BRI sudah sangat berkompeten menangani transaksi keuangan atau perbankan. Uang menjadi salah satu materi penting untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. 

Peredaran atau perputaran uang sendiri tak luput dari interaksi manusia sebagai makhluk sosial. Ada saja transaksi keuangan yang terjadi setiap harinya baik secara langsung maupun tak langsung. Transaksi keuangan yang dimaksud meliputi pembayaran, pengiriman uang atau transfer, simpan pinjam dan lain-lain. Transaksi secara langsung bisa dilakukan secara tatap muka. Sedangkan transaksi tak langsung membutuhkan bantuan pihak ketiga seperti bank atau mesin ATM. Namun kadang kala lokasi bank atau mesin ATM tak selalu tersedia di daerah tempat tinggal sehingga mengharuskan kita mengunjungi lokasi bank yang jauh dan harus antri pula. Ini benar-benar tidak efisien.

Di era serba digital seperti sekarang, aktivitas perbankan seperti di atas seharusnya tidak lagi menjadi hal yang bikin pusing. Oleh karenanya BRI menyediakan aplikasi yang memudahkan nasabah seperti BRImo. Cukup akses aplikasi BRImo, maka semua transaksi semudah dalam genggaman dan selesai dalam hitungan detik. Tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar BRImo bisa digunakan seperti memiliki rekening bank, uang tabungan, gadget dan paket internet. 


Digitalisasi pakai QRIS


Aplikasi seperti BRImo salah satu upaya go to digitalisasi BRI. Tapi sayangnya go to digitalisasi dengan cara ini gak bisa dilakukan/ dinikmati oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Ada beberapa faktor yang menjadi kendala seperti usia (lanjut usia), gaptek (gagap teknologi), gak memiliki rekening (bukan nasabah), dan lain-lain.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bank senior di negara Indonesia terus berinovasi memberikan solusi atas problema di atas agar aktivitas perbankan lebih gampang dan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.


Program BRILink Layanan Digitalisasi BRI Sampai Ke Pelosok Desa

Infrastruktur bank di Indonesia masih terbatas di kota- kota besar saja dan mungkin di beberapa kota kecil. Hal ini menyebabkan masih banyak masyarakat Indonesia yang belum tersentuh akses perbankan, khususnya di daerah-daerah pelosok.

Oleh karena itu, BRI untuk Indonesia berupaya mengembangkan Agen BRILink agar bisa melayani masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.


BRILink bisa di akses oleh masyarakat di pedesaan


BRILink merupakan layanan dan digitalisasi BRI untuk masyarakat yang gampang diakses. Agen BRILink merupakan perpanjangan tangan BRI kepada nasabah BRI yang menjalin kerja sama agar bisa melayani masyarakat dalam transaksi keuangan secara real time online menggunakan fitur EDC mini ATM BRI. Melalui BRILink masyarakat bisa melakukan berbagai transaksi layaknya di bank, seperti:


1.Transfer ke sesama BRI

2. Transfer dari BRI ke bank lain

3. Transfer dari bank lain ke BRI

4. Bayar listrik dan PDAM

5. Setor dan tarik tunai

6. Bayar belanja online

7. Beli pulsa

8. Pembelian voucher games

9. Pencairan Ultra Mikro

10. Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan

11. Bayar zakat

12. Pembelian tiket bus dan tiket kapal ASDP

13. Top up tabungan emas

14. Setoran pinjaman

15. Top up BRIZZI

16. Bayar asuransi

17. Pasar BRILink


Dapat ditarik kesimpulan bahwa agen BRILink harus merupakan nasabah BRI. Tapi masyarakat umum (nasabah atau non nasabah BRI) bisa melakukan transaksi melalui BRILink seperti keterangan di atas. 

Program BRILink nyata bermanfaat serta memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia terutama penduduk di pelosok desa yang lokasinya jauh dari bank. Apalagi Agen BRILink kini sudah mencapai 666.038 agen yang tersebar di 59.205 desa. Artinya jumlah ini mencakup lebih dari 80 persen dari total desa di Indonesia.


BRILink Mempercepat Pertumbuhan UMKM Indonesia




Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) menjadi garda terdepan dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. BRILink memudahkan para pejuang UMKM dalam bertransaksi keuangan secara efisien serta membuka peluang usaha lainnya. 

Memiliki usaha adalah salah satu syarat nasabah BRI untuk menjadi agen BRILink. Dengan adanya transaksi layanan keuangan pada agen BRILink maka agen tersebut akan mendapatkan sharing fee sesuai ketentuan kerjasama dengan pihak bank. Sebagai pejuang UMKM, agen BRILink juga bisa mengembangkan usaha lainnya. Seiring transaksi yang sering diakses, maka besar kemungkinan dunia UMKM akan semakin cepat bertumbuh. 

Senang sekali Bank Rakyat Indonesia dapat menghadirkan program BRILink. BRILink dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat dengan transformasi digital perbankan yang gampang diakses, membangun bangsa dan memberi makna Indonesia.


Sumber tulisan:

bri.co.id

m.kumparan.com


You Might Also Like

0 comments