Masak Makanan Kesukaan Anak Agar Semangat Puasa

April 14, 2022

Ramadan Kareem


Hai moms...

Assalamu'alaikum...

Gimana nih puasanya? Moga masih semangat ya. Sama nih, saya juga masih semangat dan harus semangat. Kalau gak semangat, malu dong sama anak sendiri karena si sulung Dhavy sangat antusias setiap memasuki bulan Ramadan.

Dhavy mulai mencoba ikut berpuasa sejak kelas 1 SD. Ia semangat ikut makan sahur dan berbuka jam 10 pagi, heheheh. Keesokan harinya ikut sahur lagi dan bertambah jam puasanya hingga setengah hari. Begitu terus keesokan harinya ia coba lagi sampai akhirnya puasa penuh sehari sampai jam berbuka tiba.

Alhamdulillah tahun ini merupakan tahun ketiga abang Dhavy ikut berpuasa. Dan tahun lalu ia full puasa sebulan loh. Ini merupakan pencapaian yang bagus menurut saya. Di usianya yang masih duduk di bangku kelas 2 SD kala itu, ia mampu berpuasa full. Sebagai orang tua saya senang sekali karena bisa mengajarkan anak berpuasa tanpa susah payah. Keinginan berpuasa datang dalam dirinya sendiri.

Nah, agar Dhavy tetap semangat berpuasa, sebisa mungkin saya menyajikan makanan kesukaannya. Saya tau betul kalau Dhavy itu suka banget dengan menu makanan yang " berbau " ayam, seperti ayam goreng, kari ayam, ayam semur, dan sop ayam.

Oleh karena itu, beberapa hari yang lalu saat selera makannya menurun, saya masakin makanan kesukaannya yaitu semur ayam. Benar saja, saat saya tanya ia mau makan apa, lantas ia menjawab “ Saya mau makan pakek ayam semur ma “. Langsung deh mama eksekusi ayamnya demi Dhavy biar tambah semangat puasanya. Dhavy suka sekali dengan semur ayam. Biasanya di luar bulan puasa, dia bisa makan bolak-balik, lebih dari 3x dalam sehari, hehehe...

Begini nih moms semur ayam ala saya;

SEMUR AYAM

Bahan:

- Ayam

- Kecap


Bumbu halus:

- Bawang merah

- Bawang putih

- Tomat

- Kemiri

- Merica


Bumbu cemplung:

- Bunga Lawang

- Kayu manis

- Kapulaga

- Cengkeh

- Pala


Semur kecap


Cara memasak: 

Ayam digoreng terlebih dahulu. Kemudian tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan bumbu cemplung. Tambahkan garam, gula, kecap dan air secukupnya. Masukkan ayam. Aduk sekali-sekali dan tunggu mendidih hingga kuahnya sat. 

Selain semur ayam, ia juga suka makan mie. Kemaren saya sempatkan masak mie kuning untuk menu berbuka yang saya sajikan dengan bakwan jagung. Berikut mie kuning dan bakwan Jagung ala saya.


MIE GORENG

Bahan:

- Mie kuning

- Kecap

- Sawi hijau

- Irisan tomat

- Cabe rawit

- Daun Sop & daun pre


Bumbu Halus:

- Bawang merah

- Bawang putih

- Kemiri

- Jahe (sedikit aja)

- udang kecepe 


Mie ditumis dengan sayur sawi


Cara buat:

Celur mie kuning terlebih dahulu. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan garam, daun pre, cabe rawit, sawi, irisan tomat dan sedikit kecap. Kemudian masukkan mie dan aduk rata. Terakhir taburkan irisan daun Sop.


BAKWAN JAGUNG

Bahan:

- Tepung roti 250 gr

- 1 butir telur

- 1 buah jagung manis (dipipil)

- wortel (potong korek)

- Daun Sop & daun pre


Bumbu halus:

- Bawang merah

- Bawang putih

- Udang (me: udang kecepe)

- Garam

- Sedikit merica


Bakwan jagung


Cara buat:

Campurkan semua bahan dan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan air secukupnya (jangan terlalu cair). Aduk rata dan tinggal goreng.

Nah moms, itu adalah beberapa menu makanan favorit anak saya. Saya harus terus mencari ide dan berkreasi di dapur agar si Abang ternutrisi, tetap bugar saat berpuasa dan tambah semangat puasanya 

Semoga menu saya menginspirasi ya mom.
















































































































You Might Also Like

4 comments

  1. aku suka semuanya mbak
    apalagi ayam, udah paling simple

    BalasHapus
  2. Iya mbak, apalagi ayam goreng ya mbak. Praktis banget

    BalasHapus
  3. cari yang praktis dan disukai anak-anak

    BalasHapus
  4. Semuanya menu fav ku 😄. Kalo anak2 paling doyan mie goreng sih, tapi dimasakin semur ayam dimakan juga. Untuk ayam mereka LBH sukanya kalo digoreng.

    Ngeliat bakwannya, jadi pengen bikin bakwan hari ini mba 😄😄. Enaak kayaknya gigit pake rawit 🤤

    BalasHapus