Sharing With Komang Ayu Trysnawaty : Menyelesaikan Masalah Tanpa Drama

Maret 09, 2022

Sumber gambar: Canva


Emang masalah buat loe? “

“ Kenapa sih, gitu aja masalah ? “

Guys, kita sering mendengar kalimat seperti di atas ya. Bahkan mungkin diri sendiri pernah mengucapkannya.

Namanya juga manusia hati dan pikirannya beragam. Apa yang kita inginkan belum tentu sesuai dengan orang lain, dan begitu juga sebaliknya. Celakanya bila masing-masing pribadi mempertahankan ego sendiri pasti bakal jadi masalah besar, bisa-bisa ribut kayak yang terjadi sekarang perang Rusia Vs Ukraina, ck..ck..ck…

Terkadang terbesit dalam pikiran capek banget hidup penuh masalah. Syukurnya malam Minggu kemaren ada kelas zoom online bareng Counselor, Life & Wellnes Coach Komang Ayu Trysnawaty yang bertema " KELUAR DARI MASALAH TANPA DRAMA" . Temanya related banget nih dengan yang sering kita hadapi setiap hari.

 
Materi sharing dari Coach Ayu

Pemaknaan Masalah

Sebenarnya apa itu "masalah" ? Mengapa "masalah" bisa muncul ? Menurut Coach Ayu justru masalah itu hanya sebuah pernyataan saja. Pernyataan dari situasi dan kondisi yang nggak sesuai dengan harapan sehingga perlu adanya penyelesaian / pemecahan masalah.


Counselor, Life & Wellnes Coach Komang Ayu Trysnawaty 

Marah, sedih, kecewa, nangis-nangis, emosi adalah reaksi yang sering terjadi dari kondisi tersebut.


Berbagai ekspresi emosi. (Sumber gambar: Canva)


Ngomongin soal masalah, masalah gak hanya muncul dari orang lain tapi bisa juga dari diri sendiri. Di sini permainan pikiran juga berperan di dalamnya.Ya kayak sugesti gitu ya guys. Kadang saya juga dulu sering gitu. Sering banget berkata-kata dalam hati .” Ntar kalau begini , jadinya bla-bla-bla”. Dan benar kejadian deh. Nah, hati- hati ya guys! Justru hal-hal tersebut semakin membebani pikiran. Coach Ayu juga membahas hal ini di kelas online kemaren. Ia mengatakan agar berhati-hati dalam berkata karena perkataan adalah doa. Wahh, benar juga ya!


Drama Bumbu Pelangkap Masalah

Guys, biasanya apa sih reaksi kalian saat menghadapi masalah? Saya kadang tuh ya kalau udah ada masalah suka parno, tegang, panik duluan terkadang juga lepas kontrol. Reaksinya juga kadang-kadang berlebihan. Biasanya kalau begini kondisi saya sedang stress atau tertekan. 

Sebenarnya terlalu mendramatisir keadaan, atau lebay ( bahasa gaulnya ) juga gak baik karena yang ada masalah semakin besar. Bisa- bisa episodenya panjang kayak sinetron ya guys,hehehe.

Perjalanan hidup pasti ada aja masalah yang akan ditemui . Karena kita hidup gak sendirian di bumi ini. Persepsi, minat atau apapun itu pada setiap orang gak sama. Sekarang tinggal cara kita yang mengambil sikap. Cuma gak semua orang bisa bijak ketika menghadapi masalah termasuk saya. Jujur, sangat gak nyaman banget jika terjebak dalam masalah. Kesehatan mental, keluarga dan orang sekitar juga bakal terpengaruh kalau emosi trus. Saya pengin banget agar bisa kontrol saat menghadapi masalah dan menyelesaikannya dengan kepala dingin. Emosi terus lelah bestie.

Alhamdulillah, seperti mendapatkan pencerahan. Pada kelas online kemaren, Coach Ayu sharing bagaimana caranya agar bisa menyelesaikan masalah tanpa emosi yang meluap-luap, tanpa drama. Menurut Coach Ayu, coba deh tenangkan diri terlebih dahulu. Caranya ya sesuaikan saja dengan kesukaan masing-masing karena cara tiap orang pasti berbeda dalam menenangkan diri. Kalau saya biasanya jalan-jalan keluar rumah agar menghilangkan penat. Mencari udara segar untuk mendinginkan kepala yang panas.


salah satu cara menenangkan diri agar pikiran fresh (sumber gambar: Canva)


Setelah tenang, tentu masih ada sisa-sisa emosi ya. Nah ini nih yang harus dinetralkan. Setuju sih ya karena logikanya tenang dan netral adalah kunci agar bisa berpikir jernih. Dengan berpikir jernih tentu dapat menyadari apa sih yang sedang terjadi. Setelahnya baru deh segera ambil tindakan agar kondisi menjadi membaik.

Oh ya, next Coach Ayu juga bakal ngadain kelas online lagi loh. Pasti bakal seru karena Coach Ayu bakal share tekniknya juga.


Kelas online berikut nya

So, intinya mulailah dari diri sendiri. Ingatlah bahwa jaga kesehatan mental itu penting. Gak bakalan ada yang bisa merubah kehidupan kita kecuali kita sendiri. 

 

 

 

 

 

 


You Might Also Like

11 comments

  1. Wah, bersama coach Ayu kita bisa mengatasi segala permasalahan yang berkecamuk dalam dada. Dengan cara maupun kiat tertentu tentu i ni lebih baik dibandingkan jika kita curhat2 ga jelas kepada teman2 yang belum tentu bisa memberikan solusi terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ni mbak. Kalo curhat sama orang yang gak tepat justru semakin tambah drama ya

      Hapus
  2. Bener ni mbak. Kalo curhat sama orang yang gak tepat justru semakin tambah drama ya.

    BalasHapus
  3. Kesehatan mental itu memang penting banget ya, Mbak. Aku pun harus menenangkan diri terlebih dahulu agar fikiran fresh.

    BalasHapus
  4. Aku belajar bahwa ada drama yang memang tidak terelakkan dalam hidup, tapi ada juga orang-orang yang suka menciptakan drama. Dan aku menghindari tipe orang yang seperti itu dan fokus pada drama kehidupan sendiri :)))

    BalasHapus
  5. Setuju banget mba kalo tidak ada yang merubah hidup kita selain kita sendiri jangan smpe bergaul sama orang2 toxic biar terhindar dari drama2 gk jelas heheh biar hidup tenang ya mba

    BalasHapus
  6. Sepakat banget kalau memang kesehatan mental itu penting sekali dijaga. Jangan sampai berefek domino kepada yang lain. Kayaknya kalau ikut kelas online ini akan menambah ilmu juga ya mba

    BalasHapus
  7. Kadang curhat sesama teman dekat pun bisa jadi boomerang yah, karena ga tahu masalah atau aib kita akan sampai kemana, yang pasti malah berefek buruk dikemudian hari. Makasi infonya Mba, jadi tahu nih harus kemana.

    BalasHapus
  8. Kalau semudah itu menyelesaikan masalah tanpa drama, pasti ga bakalan banyak orang yang membutuhkan healing ya

    BalasHapus
  9. iya masalah itu wajar2 aja terjadi ya.. hanya saja respon kita terhadap masalah yang perlu kita ltih terus. kalau masalah terus2an terjadi itu juga perlu kita evaluasi sebab2 dan polanya

    BalasHapus
  10. drama itu kadang memang bikin masalah jadi tambah ribet yaa. bagusnya sih kalau ada masalah itu kita berusaha untuk tetap positif thinking biar bisa menyelesaikannya dengan baik

    BalasHapus