Serunya Bermain di Play 'N' Learn Mall Centre Point Medan

November 19, 2021

Kelamaan dirumah tanpa beraktivitas di luar menimbulkan rasa jenuh. Gak hanya orang tua, ternyata anak-anak juga merasakan hal yang sama. Bermain gadget, nonton youtube, dan nonton TV berjam-jam akhirnya menjadi pilihan mereka. Agak khawatir sih karena kelamaan main gadget dapat berdampak buruk bagi anak seperti kesehatan yang terganggu, malas belajar hingga ke perubahan sikap dan anak menjadi tidak fokus. Apalagi sejak pandemi ini, intesitas anak pegang gadget jadi lebih sering. Anak-anak butuh bermain, berinteraksi untuk mendukung tumbuh kembang mereka.

Alhamdulillah belakangan ini angka kasus penularan Covid 19 sudah menurun. Kesempatan untuk bepergian ke luar rumah menjadi lebih longgar. Eitts, tetap terapkan protokol kesehatan sebelum ke luar rumah ya moms karena kita belum benar-benar bebas dari pandemi.

Ngomongin soal bermain, sebenarnya mereka bisa main di mana aja sih. Hanya perlu variasikan tempat dan permainannya agar mereka gak bosan. Nah good news nih buat warga Medan dan sekitarnya. Ajakin deh anak main ke Play ‘N’ Learn, dijamin mereka pasti suka. Kayak pengalaman saya kemaren. Eh, tapi moms udah tau belum sih Play ‘N’ Learn ?


Play N Learn Centre Point Medan


Apa itu Play ‘N’ Learn ?

Play ‘N’ Learn merupakan wahana permainan anak yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis mainan yang memberikan edukasi pada anak bahkan tanpa mereka sadari.

Area Permainan Anak


Play ‘N’ Learn ada 16 lokasi di Indonesia. Sedangkan untuk kota Medan sendiri terdapat 3 lokasi yaitu di Sun Plaza, Medan Fair, dan Mall Centre Point. Di lokasi sebelumnya Play ‘N’ Learn mengusung konsep Active Health Fun. Sedangkan di cabang Mall Centre Point sendiri memiliki konsep Active Edu Fun, dan konsep ini merupakan pertama kali di Indonesia.

Asyiknya bermain di Play ‘N’ Learn, anak- anak berusia 4-6 tahun bisa mengikuti kelas Star Programmes. Star Programmes adalah program khusus yang dirancang oleh para ahli Pakar Pendidikan Singapura dengan menggunakan model STEAM ( Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics ). 

Pakar Pendidikan dari Singapura 

Si kecil yang mengikuti Star Programmes akan belajar life-skills untuk mengasah kecerdasannya agar bisa berpikir kreatif dan kritis. Di kelas ini, anak-anak akan dipandu oleh kakak-kakak mentor. 

Programnya terdiri dari:

-Little Star Builder

Belajar mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide secara visual untuk keberhasilan proyek.

-Little Star Scientist

Belajar menemukan kekuatan listrik, sumber energi dan energi alternatif melalui eksperimen dan proyek interaktif.

-Little Star Engineer

Belajar konsep teknik dasar kekuatan, keseimbangan, dan transfer energi.

-Little Star Coder

Belajar memahami bahwa kode adalah sekumpulan instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan.

-Little Star Designer

Belajar dan bermin dengan warna dan cahaya untuk membuat karya mereka sendiri.

-Little Star Performer    

Belajar seni pertunjukkan tentang ilmu suara, musik, nada, dan alat musik yang berbeda.


Dhavy lagi serius memperhatikan kakak mentor di kelas Star Programmes


Star Programmes ada 4 sesi setiap harinya dengan maksimal 12 anak persesi. Jadwalnya di mulai dari pukul 11.00-12.00, 13.00-14.00, 15.00-16.00, dan 17.00-18.00.

Sebelum mengikuti kelas Star Programmes, ada baiknya mengisi MIDAS terlebih dahulu untuk cari tahu kecerdasan anak. 

Jadi MIDAS bertujuan untuk mengindentifikasikan kelas yang cocok buat si kecil dengan menggunakan teori 8 kecerdasan anak, yaitu;

1. Body Smart: si kecil suka melatih keterampilan fisiknya dan paham cara menggunakan tubuhnya dengan baik dan terampil

2. Word Smart: si kecil suka membaca, menulis dan berbicara di depan orang banyak

3. Picture Smart: si kecil suka berimajinasi lalu menuangkannya ke dalam gambar atau foto

4. Logic Smart: si kecil berteman dekat dengan angka-angka dan pandai dalam memecahkan masalah yang ada

5. Nature Smart: memahami alam sekitar termasuk tanaman, hewan dan studi ilmiah

6. People Smart: si kecil pandai dalam hal bersosialisasi, memahami orang di sekelilingnya dan sering terlihat dominan dalam satu kelompok

7. Self Smart: si kecil paham sekali dengan kelebihan, kemampuan dan keinginannya saat besar nanti, ia juga terbiasa dengan hal yang terorganisir

8. Music Smart: si kecil memiliki kepekaan terhadap nada dan melodi, dengan kecerdasan ini juga si kecil bisa menulis dan membuat lagunya sendiri.

Dan dari test MIDAS yang saya isi, hasilnya menunjukkan bahwa anak saya Dhavy termasuk kategori Body Smart, Logic Smart, dan Picture Smart.

Pengalaman Main di Play ‘N’ Learn

Happy banget, minggu lalu saya sekeluarga bisa bermain bersama anak-anak ke Play ‘N’ Learn di Mall Centre Point Medan, tepatnya di lantai 3.

Sesampainya di sana, daftar dulu di kasir depan lalu setelahnya tangan si anak di cap sebagai penanda. Kemudian kita masuk menuju loker. Letak lokernya di bagian depan ya untuk memudahkan kita simpan sepatu atau barang lainnya karena masuk ke arena permainan hanya pakai kaos kaki. Lokernya canggih loh. Membuka dan menutup lokernya gunakan PIN yang kita buat sendiri. 

Saat mau simpan barang di loker


Bermain sambil belajar di Play ‘N’ Learn


Begitu liat tempatnya, dalam hati berkata “wah seru nih “. Tempat bermainnya luas banget sekitar. Interior warnanya menarik, colourfull.

Spot bermainnya juga banyak seperti mandi bola, perosotan, trampolin, halang rintang, arena sepak bola dan bola basket, lego, mobil-mobilan, permainan alat musik, boneka-boneka, minimarket, mandi pasir, dan lain-lain. Setiap spot ada kakak-kakak penjaganya.


Mandi Bola di Play ‘N’ Learn


Banyak jenis permainan di Play’N’Learn Centre Point Medan


Oh iya, di spot mandi pasir, bahannya itu bukan pasir beneran loh. Tapi terbuat dari potongan kayu yang halus di bentuk sedemikian rupa dan ini bahannya diimpor dari China. Pokoknya keren deh.

Bermain pasir-pasiran

Terbuat dari potongan kayu 

Si kecil bermain sepeda

Kedua anak saya terlihat antusias untuk nyobain semua mainan terutama si sulung Dhavy. Mereka happy banget loh. Pura-pura lupa umur, saya juga ikutan main perosotan dan trampolin bersama anak- anak, hehehe. Duh, senangnya bisa tertawa bahagia bersama mereka. Puas banget selama 2 jam kami bermain di sana dengan biaya Rp110.000.

Mandi Bola

Bermain Trampolin

Gak ketinggalan bang Dhavy juga ikutan kelas Star Programmes bersama anak-anak lainnya. Dari kelas tersebut sepertinya dia lebih cenderung ke STAR BUILDER.

Sambil nungguin bang Dhavy ikutan kelas Star Programmes, saya dan si kecil rehat sebentar di Cafe minimalisnya sambil pesan cemilan dan minuman. 


Sambil menunggu anak-anak mengikuti Star Programme santai sejenak di Cafe


Oh iya, Play ‘N’ Learn buka setiap hari dari jam 9.00 WIB- 22.00 WIB. Yuk moms ajakin anak main ke Play ‘N’ Learn di Mall Centre Point Medan lantai 3. Ingat loh moms, setiap anak itu unik. Mereka punya caranya sendiri untuk belajar. Cobain deh kelas Star Programmesnya agar kita mengetahui minat dan bakat anak agar mereka sukses di masa depan. 





You Might Also Like

26 comments

  1. Owh .. jadi wahana permainan ini ada di mall ya mom? Tapi kayaknya cuma ada di Medan aja. Belum buka cabang di kota lain ya? Bagus sih sebenarnya, bisa merangsang kecerdasan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahana permainan Play 'N' Learn ada di 16 lokasi di Indonesia kok mom. Cuma yg konsepnya Active Edu Fun memang baru di Mall Centre Point Medan mom😀

      Hapus
  2. wah seru ya main di Play N Learn ini, ini di Surabaya ada g mbak? soalnya aq belum pernah lihat di mall surabaya
    nggak tahu juga klo aq yg kudet, hehe

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah udah nyicipin play n learn juga kak. Di sini aku dan anak mendapatkan Quality time yang seru. Si adik juga mendapat keseruan main di play n learn. Sampe gak ada yang mau diajak pulang. Hehehe

    BalasHapus
  4. Bakal susah moveon nih anak anak kalau di ajak ke Play N Learn, sambil bermain ada unsur edukasinya juga.
    Jadi senang dong para orang tua, seru ya kak

    BalasHapus
  5. Seru banget mom.. happy liat anak main tapi sambil belajar juga😀

    BalasHapus
  6. Wah ada juga ya di kota Medan. Rasanya liburan jadi berkualitas kalau mainnya atau ngemall nya ke play and learn. Pulang-pulang ada insight yang bisa jadi bekal sekolah berikutnya

    BalasHapus
  7. Unik ya pasirnya. Karena dari kayu, jadi nggak bikin kita pusing bersihin sisa pasir di pakaian anak. Asik bangeeettt ada mandi bola sama trampolinnya. Bahkan ada kelasnya juga. Seru deh.

    BalasHapus
  8. Asyiknya ya bermain di Play ‘N’ Learn, paling cocok memang anak mendapatkan edukasi dari permainan, bakal lebih lekat di memorinya.

    BalasHapus
  9. Seru banget ini. Duh terbayang itu tidak hanya anak-anak yang betah dan senang, para pengantar pun alias orang dewasa, pasti bakalan ikut betah main di sana. Hehehe ...

    BalasHapus
  10. Menarik sekali program STEAM nya. Anak-anak belajar sambil bermain untuk menjadi little scientist ya. Btw Play N' Learn ini sudah ada di Malang kah?

    BalasHapus
  11. Baru kali ini nemu tempat bermain yang ga hanya main, tapi anak2 juga dapet sesuatu yang lebih. Tes MIDAS ini buat aku menarik banget sih, jadi penasaran pengen bawa anak ke sini trus ikut tes midas nya. Pengan tau anakku punya kecerdasan di bidang apa.

    BalasHapus
  12. Keren nih ga hanya bermain tapi ada pelajaran yg bisa diambil ya mbak, jadi anak2 akan tumbuh kreatifitasnya ..jadi mau coba juga buat keponakan saya

    BalasHapus
  13. Wah arena permainan baru yang bagus nih untuk anak2 karena bisa bermain sesuai dengan bakat dan minat anak kita .anak senang dan pintar mamapun bahagiaa

    BalasHapus
  14. Senang sekali bisa bermain tapi juga belajar bersama di Play ‘N’ Learn.
    Ini hiburan anak-anak saat masa pandemi. Bisa berinteraksi sosial dan bermain dengan mengembangkan apa yang disukai anak-anak.

    BalasHapus
  15. Seneng banget bisa main di Play N Learn. Anak jadi makin ceria, seneng pastinya mereka bisa belajar dan bermain di sini.

    BalasHapus
  16. Play n learn akan membuat kebahagian tersendiri bagi anak-anak maklum sudah lama terkungkung di rumah karena pandemi

    BalasHapus
  17. Seru banget ya bisa main dan belajar di Play n Learn ini. Waktu 2 jam kayaknya kurang deh...

    BalasHapus
  18. Wah permainannya lengkap juga ya mbak, play n learn ini apakah hanya di Medan aja mbak?

    BalasHapus
  19. Tempatnya cozy bgt ya ka, ini mah anakku klo di ajak kesini auto ga mau pulang, menarik bgt ajak anak2 kesini

    BalasHapus
  20. seneng lihat warna bola-bolanya.. soft gitu yaah. kebanyakan area mandi bola anak tuh warnanya gonjreng2 banget haha. kalo warnanya soft gitu emaknya bisa ikut foto juga deh wkwk moduss

    BalasHapus
  21. Kepingin anak anak-anak bermain dan belajar di sini, tapi khawatir dengan biaya yang harus kita keluarkan deh

    BalasHapus
  22. Seru banget nih, anakku juga suka banget main di tempat kayak gini. Mana ada area nongkrong buat orang tuanya juga, jadi bikin betah nemenin anak main.

    BalasHapus